Inilah Penyebab Komputer Install Ulang Selalu Restart

Posted on

Salah satu masalah yang sering muncul juga pada sebuah komputer adalah saat proses Install ulang selalu restart sebelum proses selesai.

Inilah Penyebab Komputer Install Ulang Selalu Restart

Penyebab masalah tersebut bisa bermacam-macam diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memory RAM tidak normal. Jika RAM tidak bisa bekerja secara optimal maka proses install ulang biasanya memang tidak akan berhasil. Solusi dari masalah ini adalah dengan mencoba membersihkan pin-pin RAM menggunakan pencil or ballpoint eraser. Jika tetap tidak berhasil maka dengan terpaksa menggantinya dengan yang baru.
  2. Kerusakan pada Hardisk. Ini bisa menyebabkan restart selama proses install ulang yang biasanya diawali dengan bluescreen, layar berubah menjadi biru kemudian restart. Untuk kerusakan pada hardisk ini bisa dicoba dulu melakukan format total, namun tentu saja data d dalam hardisk hilang.
  3. Prosesor overheat. Terlalu panas karena kipas pendingin prosesor macet atau tidak bisa bekerja secara optimal.
  4. Motherboard bermasalah. Ini sudah termasuk kerusakan tingkat berat yang membutuhkan biaya besar untuk perbaikannya yaitu mengganti motherboard.
  5. Power supply bermasalah. Meski jarang sekali terjadi namun bukan tidak mungkin Install ulang restart terus disebabkan karena masalah ini. Untuk memperbaikinya tentu saja dengan menggantinya dengan yang baru.
Baca juga :   Ryzen 7 Untuk Server UNBK ? Jangan Bro

Dari sekian banyak penyebab sebuah komputer gagal install ulang karena restart terus, yang paling sering terjai adalah masalah pada RAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *