Laptop Terkena Air, Segera Ikuti Langkah Ini

Posted on

Kadang-kadang karena kurang hati-hati bisa saja laptop terkena tumpahan air baik dalam volume besar maupun hanya terkena percikan saja. Sekecil apapun, jangan diremehkan karena akibatnya bisa fatal.

Air, jika meresap kedalam keyboard, akan merusak keyboard. Beberapa tombol akan error dan tidak berfungsi atau bahkan bekerja sendiri walaupun belum di petik, tentu ini akan sangat mengganggu pekerjaan kita.

Jika air masuk ke bagian dalam laptop, ini akan lebih fatal akibatnya karena air akan menjadi konduktor dan menghubungkan jalur-jalur tegangan positif dan ground yang mengakibatkan arus berlebih dan mengganggu kinerja laptop.

Baca juga :   Hal-hal Penting, Agar Bisa Memperbaiki Laptop Mati

Maka apa yang bisa dilakukan jika laptop terkena air ? Yang pertama kali perlu dilakukan adalah mematikan laptop dengan segera. Jika laptop sulit dimatikan maka segera lepas charger dan baterai, sebisa mungkin. Jika baterinya tanam, maka matikan laptop dengan menekan dan menahan tombol power agak lama hingga laptop benar-benar mati.

Langkah selanjutnya adalah posisikan laptop dengna terbalik, “Dikurepne”, hingga tetasan air menjauh dari bagian dalam laptop. Ini untuk latop yang tertumpah air dari bagian atas.

Baca juga :   Laptop Core i5 Kok Lemot

Untuk laptop baterai tanam, segera bungkar laptop dan lepas baterainya. Lalu jemur bagian yang terkena air di bawah terik matahari.

Inilah tips untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada laptop yang terkena tumpahan air, semoga bermanfaat. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *