Laptop Ditutup Tetap Saja Nyala, Kenapa?

Posted on

Ini adalah masalah yang tidak terlalu serius pada laptop, namun kadang cukup mengganggu, dimana laptop tetap saja bekerja saat layar ditutup padahal seharusnya pada laptop normal ketika layar ditutup langsung Sleep atau Hibernate sebagaimana user semuanya sudah mengetahui akan hal ini.

Penyebab laptop ditutup tetap saja nyala tentu bukan satu hal saja, namun ada 2 hal yang sering terjadi. Yang pertama adalah adanya pergeseran pada magnet yang ada di bagian dalam kesing layar. Sedangkan yang kedua adalah rusaknya transistor magnet yang ada di motherboard atau di bagian tertentu di kesing laptop.

Penyebab yang pertama, magnet bergeser, ini biasanya terjadi pada laptop yang pernah di lakukan perbaikan pada layar monitor, atau pernah ganti layar. Magnet yang biasanya di tempelkan pada frame layar bisa saja bergeser atau mungkin dilepas dan lupa dikembalikan ke posisi semula, ini menyebabkan transistor magnet di motherboard tidak bisa bekerja ketika layar tertutup karena posisi magnet dan transistor harus tepat agar bisa bekerja.

Baca juga :   Inilah Rincian 80 Juta Itu

Sedangkan penyebab yang kedua adalah transistor magnet rusak. Tentu saja jika rusak tidak bisa bekerja, laptoppun tidak ada yang memerintahkan untuk Sleep ketika layar ditutup.

Apa efeknya jika tidak sleep saat layar ditutup? Ini akan menyebabkan laptop panas berlebih. Jika kita sadar tidak ada masalah karena tentu kita akan menyempatkan diri untuk shutdown laptop, namun akan bahaya jika pengguna laptop tidak sadar bahwa laptopnya tetap menyala saat layar ditutup. Jika laptop ditutup begitu saja dan dimasukkan kedalam tas akan lebih berbahaya lagi.

Baca juga :   Tidak Bisa Di Shut Down, Ini Solusinya

Maka, untuk memperbaiki masalah ini silahkan fokus ke 2 hal tersebut diatas sebelum melakukan analisa lebih lanjut jika masalah tetap muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *