Laptop, Makin Bagus Makin Sering Rusak ?

Laptop, Makin Bagus Makin Sering Rusak ?

Diposting pada

Ada ada saja memang masalah yang terjadi pada sebuah laptop, mulai dari yang ringan hingga yang berat dan super berat. Ini lumrah terjadi karena di dalam proses kerja laptop terjadi ribuan proses perubahan dan perpindahan tegangan serta data logic. Berubah dari tinggi ke rendah dan sebaliknya, berpindah dari satu jalur ke jalur lain. Ada juga perpindahan data logic dari beban ke sumber dalam proses feedback.

Ada hubungan antar komponen yang real, fiktif, bahkan ada yang terhubung hanya setengah-setengah. Ada perjalanan arus dari satu komponen melalui ribuan komponen lain menuju block ground yang tentu antara satu aktifitas dengan aktifitas yang lain akan sangat rawan berbenturan jika terjadi kesalahan sedikit saja.

Memang ada system proteksi di dalam sebuah laptop. Namun justru karena ada system inilah yang menyebabkan laptop “dianggap” sering bermasalah. Proteksi memutus arus, yang menyebabkan latop sama sekali tidak bisa dinyalakan yang akhirnya di katakan sebagai mati total oleh teknisi. System proteksi juga bisa mengunci alur proses distribusi tegangan di semua level yang menyebabkan laptop tidak bisa di nyalakan dan dikatakan no switch oleh teknisi. Dan masih banyak lagi “masalah” yang disebabkan oleh aktifnya system proteksi.

Baca juga :   Inilah IC Charger Acer Netbook E3 112

Jadi sebetulnya, tidak selalu kerusakan itu terjadi karena lemahnya performa sebuah laptop, justru bisa sebaliknya. Kadang-kadang kesalahan user juga bisa mengakibatkan system proteksi bekerja yang hasilnya laptop mati, yang oleh user dianggap sebagai laptop yang memiliki performa buruk. Padahal bisa saja penyebabnya karena kesalahan pengguna sendiri, misalnya hoby ganti charger murahan, malas membersihkan laptop, sering digunakan melebihi batas dan sering mati sendiri karena baterai habis, dan lain sebagainya.

Baca juga :   Komputer Build Up Performa Bagus, Tapi...

Jadi penting untuk menelusuri sejarah penggunaan laptop saat laptop mengalami masalah. Bisa saja masalah itu muncul hanya sebagai hasil dari respon system proteksi yang hendak mengamankan properti pada laptop yang lebih rawan rusak dan memiliki nilai materi yang tinggi (mahal).

Finally, makin bagus dan mahal harga laptop jangan heran jika makin sering bermasalah jika penggunanya tidak mengerti harus bagaimana menggunakan laptop yang benar dan beradab. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *