Laptop Tidak Bisa Nyala Tanpa Charger, Belum Tentu Baterai Rusak

Posted on

Laptop tidak bisa nyala tanpa charger belum tentu disebabkan karena baterai telah rusak karena ada beberapa point lain yang perlu juga kita jadikan acuan.

Diantaranya adalah : Controller charging, Blok Separator, Switch Baterai. Controller charging berupa IC dan 2 buah mosfet, separator berupa 2 buah mosfet yang melibatkan ic charger juga dan switch baterai berupa sebuah mosfet. Ini secara umum, dan tentu saja pada beberapa type laptop akan sedikit berbeda.

Nah untuk menentukan kerusakannya tentu saja kita harus melakukan pengecekan terhadap 3 poin utama diatas.

Baca juga :   Komputer Build Up Performa Bagus, Tapi...

Namun berdasarkan kondisi umum, Masalah ini bisa saja disebabkan karena tidak normalnya proses charging, sehingga ketika baterai 0% atau habis maka laptop tidak bisa lagi di ces, karena proses charging tidak bisa berjalan. Sehingga laptop tetap membutuhkan charger untuk bisa dinyalakan.

Penyebab tidak normalnya proses charging salah satunya adalah rusaknya mosfet di jalur utama 19V sebelum masuk jalur Vin yang terdistribusikan ke seluruh jalur di motherboard.

Baca juga :   Laptop Pernah Di Service, Bagaimana Performanya ?

Dengan mengganti mosfet sesuai dengan jenisnya, maka masalah laptop yang tidak bisa dinyalakan tanpa charger bisa diperbaiki dan bisa bekerja lagi dengan normal sebagaimana sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *