Laptop Vaio No Display, Capslock Numlock Menyala

Laptop Vaio No Display, Capslock Numlock Menyala

Diposting pada

Sedikit berbeda dengan laptop lain yang lebh umum digunakan oleh user Indonesia, Sony Vaio memiliki system proteksi yang dilengkapi dengan kode error yang bisa di terjemahkan lebih mudah oleh pemilik laptop. Kode error itu ditunjukkan oleh lampu led indikator Capslock dan Numlock.

Sebagaimana terjadi pada Laptop Vaio yang kami tangani ini. Semua lampu indikator tersebut menyala tanpa berkedip, layar monitor hitam gelap dan tidak ada tanda-tanda proses booting berjalan.

Saat monitor eksternal dihubungkan melalui port VGA juga tidak terlihat muncul image apapun. Di layar digital PSU menunjukkan adanya arus yang “macet”, berhenti di value 0,93 Ampere tanpa bergerak sedikitpun yang menunjukkan bahwa tidak ada aktifitas di laptop. Laptop seperti manusia yang sedang melamun dan bertopang dagu dengan fikiran kosong.

Baca juga :   Jika Laptop Tetap Ngeblank

Setelah kita lakukan pengecekan di bagian inside, maka kita temukan baterai cmos dalam kondisi karatan dan rusak. Bateraipun kita ganti dengan yang fresh namun belum juga laptop bisa menyala.

Maka langkah selanjutnya adalah kita lakukan pemanasan pada chipset VGA, hanya dipanasi saja sampek kira-kira mendekati titik didih timah. Atau jika memungkinkan hingga titik didih timah dan chipset bisa digerakkan sedikit saja.

Baca juga :   5 Penyebab Laptop Nge-Blank Yang Sering Terjadi

Ternyata dengan teknik tersebut laptop bisa kembali normal. Untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan maka kita diamkan laptop untuk kita coba di kemudian hari. Hasilnya laptop tetap menyala normal.

Sebetulnya jika kita mau jeli, lampu indikator capslock dan numlock telah menunjukkan bagian mana di motherboard yang bermasalah. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *