Memulai analisa kerusakan Motherboard Laptop, Jangan Salah Langkah!

Posted on

Permulaan proses analisa pada kerusakan sebuah moherboard laptop sangatlah penting, karena ini akan berpengaruh pada proses selanjutnya hingga ditemukannya sumber masalah yang menyebabkan laptop tidak bisa bekerja sebagaimana pada kondisi normal.

Kesalahan memulai proses analisa setidaknya akan menyebabkan proses perbaikan memakan waktu lebih lama bahkan bisa juga menyebabkan biaya lebih besar karena adanya resiko muncul masalah baru.

Bagaimana cara yang baik dalam memulai proses tersebut?

Baca juga :   Solusi Gampang Untuk Laptop Kemresek Sound nya

Tentu jawaban dari pertanyaan tersebut sangat tergantung dengan jenis kerusakannya. Namun secara umum kita bisa simpulkan bahwa hal pertama yang perlu di lakukan adalah visual check. Tidak sedikit motherboard yang rusak disebabkan oleh adanya komponen yang terbakar, atau IC yang terlihat berlubang , SMD capacitor yang pecah, Resistor gosong, dan komponen-komponen lain yang secara visual bisa terlihat rusak.

Baca juga :   Mosfet Charging Aspire 4738

Akan sangat beresiko jika kita memasukkan sumber power jika terdapat komponen yang terbakar, pecah, atau gosong. Bisa saja ini akan memicu munculnya kerusakan baru yang akan menambah berat pekerjaan kita.

Hal yang sederhana ini tidak boleh di anggap remeh oleh teknisi. Baru setelah visual check dilakukan kita bisa lanjutkan ke step selanjutnya sesuai dengan jenis kerusakannya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *