Service Laptop Layar Hitam Gelap

Diposting pada

Tidak seperti laptop jadul yang penerangan layarnya menggunakan inverter sebagai penaik tegangan agar lampu neon sebagai penerang layar bisa menyala, untuk laptop model sekarang yang menggunakan layar LED kita dituntut lebih teliti saat melakukan analisa untuk menemukan sumber masalah jika layar hitam, gelap atau redup atau muncul masalah yang menyebabkan gambar pada layar tidak mudah untuk dilihat.

Baca juga :   IC Power Laptop Panas, Jangan Diganti Dulu

Secara sistem sebetulnya sama saja bahwa setiap layar laptop selain menampilkan gambar dari motherboard juga dilengkapi dengan penerangan layar yang disebut back light. Namun teknologinya sudah berbeda dengan laptop zaman dahulu.

Untuk penelusuran masalah back light tersebut kita bisa langsung menuju konektor LVDS, yaitu konektor yang menghubungkan motherboard dengan layar. Jika menggunakan skema, maka kita bisa menemukan disana ada kode yang menunjukkan pada jalur back light, telusuri mulai dari sana kearah mundur. Cari komponen yang memproduksi tegangan pada jalur back light tersebut. Jika dipisahkan oleh mosfet, umumnya demikian, maka mosfet tersebut pantas sekali dicurigai.

Baca juga :   Inilah Penyebab Asus X401U Tidak Bisa Charging

Namun jika tegangan pada titik tersebut muncul normal, maka pastikan bahwa tegangan tersebut nyampek di layar lcd. Dan jika tegangan normal maka bisa disimpukan bahwa layar rusak. Jika belum faham silahkan tulis di area komentar, semoga bermanfaat. *

4 thoughts on “Service Laptop Layar Hitam Gelap

  1. Mau tanya min, kasus lcd kedip kedip hilang timbul. saya cek 3v dan 19v lvds hilang timbul. saya lepas mosfet 3 kaki dan langsung jumper, skrg 3v sudah stabil. tp 19v masih hilang timbul. apakah boleh langsung di jumper juga19v nya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *