Solder, Blower, PSU, Sudah Cukup Jadikan Kamu Teknisi Pro

Posted on

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tools perbaikan laptop itu harganya lumayan mahal bagi beberapa kalangan menengah kebawah. Pada kondisi tertentu ini menjadi salah satu alasan seseorang kurang berani memulai sebuah bisnis Perbaikan Laptop. Apakah ini benar ?

Tentu jawabannya tidaklah benar. Tidak harus memiliki peralatan lengkap untuk memulainya. Solder, heater blower dan PSU sudahlah cukup untuk menjadikan seorang teknisi professional. Tanpa harus memiliki Reball station yang harganya 15 juta itu.

Karena kerusakan chipset itu jarang terjadi, padahal tool BGA station itu diperlukan untuk perbaikan yang berhubungan dengan chipset.

Baca juga :   Service Laptop Matot, Jangan Abaikan Mosfet Ini

Ok, mungkin tanpa itu kita tidak bisa ganti chipset, kesulitan reball atau nggerakin chipset jika koneksinya kurang stabil. Namun kita juga perlu tahu bahwa disana ada kerusakan lain yang sangat banyak jumlahnya yang disebabkan oleh masalah selain chipset. Disebabkan oleh kerusakan ic controller, kapasitor short, kapasitor melar, resistor melar, resistor putus, mosfet pecah, mosfet bocor, mosfet short, jalur putus, BIOS trouble, diode rusak, transistor rusak dan lain sebagainya yang proses perbaikannya sama sekali tidak membutuhkan BGA station.

Baca juga :   Laptop HP Pavilion Tidak bisa Dinyalakan, Led Kedip-kedip Biru

Jadi tidak harus memiliki peralatan mahal untuk menjadi seorang teknisi professional di bidang perbaikan motherboard laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *