Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja
multimeter, laptop motherboard repair, troubleshooting.

Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja

Posted on

Sebagaimana kita telah membahas pada waktu-waktu sebelumnya bahwa sering sekali masalah laptop yang tidak bisa dinyalakan saat menggunakan baterai saja biasanya disebabkan oleh rusaknya komponen switching yang ada di area system comparator atau di blok charging.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk menentukan bahwa kerusakan ada pada komponen tersebut, padahal belum tentu kondisi ini selalu disebabkan oleh hal tersebut dan tidak selalu sama model instalasinya. Ada yang menggunakan mosfet N-channel sebagai komponen switching, ada juga yang P-channel yang masing-masing memiliki kinerja yang berbeda.

Maka untuk menemukan kita bisa menggunakan skema dan atau data sheet dari IC sebagai otak nya. Yang baku adalah kita bisa langsung menuju mosfet yang sering menjadi biang kerok masalah.

Baca juga :   Laptop Ini Charger Dilepas Langsung Mati, Kenapa Yha

Temukan mosfet baterai yang posisinya selalu salah satu kakinya ( S atau D ) terhubung langsung dengan pin + port baterai. Pastikan kondisi mosfet tersebut normal. Jika tidak terdeteksi short antara kaki S dan D, maka check di bagian kaki Gate ( G ), jika mosfe N-channel maka pin G harus mendapatkan tegangan diatas 19V, atau kurang lebih 2 V diatas tegangan baterai jika menggunakan baterai saja tanpa charger. Maka jika tegangan di pin G normal namun tegangan dari baterai tidak bisa masuk ke jalur Vin ( rel 19V ) maka mosfet rusak. namun jika G tidak ada tegangan saat motherboard menggunakan baterai saja tanpa charger, padahal baterai normal maka IC kemungkinan besar rusak.

Baca juga :   3 Komponen Penyebab Laptop Tidak Tampil

Kondisi tersebut berbalikan jika menggunakan mosfet P-channel. Jika gate mendapatkan tegangan besar maka mosfet tidak bisa melewatkan tegangan.

Dengan cara tersebut diatas maka pada model motherboard apapun kita bisa lebih mudah menemukan sumber masalah pada laptop yang tidak bisa dinyalakan menggunakan baterai saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *