Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja
multimeter, laptop motherboard repair, troubleshooting.

Bagaimana Sumber Masalah Motherbaord Laptop Bisa Ditemukan

Posted on

Kerumitan rangkaian pada motherboard laptop sudah disadari oleh semua orang yang pernah melihat secara langsung bentuk daripada motherboard laptop. Lalu muncul pertanyaan, bagaimana rangkaian serumit ini bisa ditemukan sumber kerusakannya jika muncul masalah pada slah satu dari komponen yang nyaris tidak bisa dilihat dengan sempurna secara kasat mata ?

Tentu semua perangkat elektronika memiliki tingkat kerumitan sendiri-sendiri dan memiliki tingkat kesulitan dalam perbaikannya yang tidak sma antara satu dengan yang lainnya. TV misalnya, tentu tidak serumit Laptop. Karena memang tidak selengkap laptop fiturnya. Demikian juga dengan perangkat elektronika yang lain. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa hampir semua perangkat elektronika memiliki system kerja yang sama atau secara umum hampir sama.

Inilah, maka seorang teknisi elektronika yang sudha Pro yang akan mendalami perbaikan motherboard laptop akan lebih mudah memahami system kerja laptop. Berbeda dengan teknisi komputer yang belum memiliki pemahaman terhadap elektronika dasar akan sedikit kesulitan untuk mendalami ilmu perbaikan motherboard laptop.

Baca juga :   Inilah Solusi Salah Satu USB Laptop AMD Tidak Bisa

Kembali ke pertanyaan awal, bagaimana sumber keruskan pada motherboard laptop bisa ditemukan ? Padahal tingkat kerumitannya bisa dikatakan sangat tinggi.

Perlu diketahui bahwa pada sebuah motherboard, terdiri dari beberapa blok yang masing-masing bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan. Dan setiap kerusakan bisa di petakkan pada blok tertentu sesuai dengan jenis kerusakannya. Misalnya jika sedang memperbaiki laptop yang Not Charging, maka kita langsung bisa menuju blok Charge di motherboard. Atau jika sedang memperbaiki laptop yang hardisk nya tidak bisa terdeteksi, maka kita bisa ke blok controller Hdd, demikian seterusnya.

Baca juga :   Laptop Tidak Bisa Nyala Tanpa Charger, Belum Tentu Baterai Rusak

Lebih detail lagi, teknis yang digunakan Teknisi secara umum adalah menelusuri sumber kerusakan dengan mengurut mundur mulai dari titik tegangan yang disinyalir tidak bekerja sebagaimana pada kondisi normal. Jadi patokan utamanya adaah Tegangan, secara umum

Di telusuri blok mana yang memproduksi tegangan yang tidak muncul tersebut. Kemudian pada blok tersebut di analisa apakah memang ada masalah di dalamnya atau ada pemicu dari blok lain yang tidak memberikan signal yang dibutuhkan agar blok bisa bekerja dan memproduksi tegangan sebagaimana seharusnya.

Baca juga :   Laptop Terkena Air, Segera Ikuti Langkah Ini

Terus diurut mundul hingga ditemukan blok yang menyebabkan tegangan tidak muncul. Finally, setelah blok ditemukan maka di cari komponen apa yang rusak pada blok tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *