Efek Hubungan Yang Kurang Mesra Antara Chipset SB dan EC

Posted on

Ada hubungan yang sangat intim antara Chipset South Bridge ( SB ) dan dan EC atau dikenal juga dengan chipset IO. Hubungan ini terjalin lantaran ada komunikasi 2 arah yang dengannya menghasilkan sebuah data sebagai kesimpulan awal bahwa sebuah laptop siap untuk bekerja.

Apa jadinya jika hubungan kedua blok tersebut retak ?

Salah satu efek retaknya hubungan antara kedua chipset diatas adalah laptop hanya menyala sebentar saat ditekan tombol powernya. Ini terjadi lantaran signal yang seharusnya muncul dari EC untuk menyulut rangkaian kontrol VS tidak kaluar. Penyebabnya adalah adanya proteksi dari chipset SB yang menyampaikan informasi bahwa ada koneksi tidak bagus dari SB ke EC.

Langkah yang bisa dilakukan oleh teknisi jika terjadi hal demikian adalah dengan melakukan perbaikan pada hubungan antara kedua belah pihak. Yaitu reball chipset SB atau menggoyang sedikit posisinya menggunakan BGA station. Bisa juga dicoba pemanasan biasa menggunakan heater blower.

4 thoughts on “Efek Hubungan Yang Kurang Mesra Antara Chipset SB dan EC

  1. assalamu’alaikum….pak gmn klu EC jebol, trus kita ganti dgn yg baru alias bukan copotan & tetap blm mau tampil ? apakah kita hrs program dl EC tsb ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *