Inilah Efeknya Jika Baterai Laptop Rusak

Diposting pada

Tidak jarang pengguna laptop yang memutuskan untuk tetap menggunakan laptop mereka walaupun baterainya rusak, sehingga laptop bekerja sebagaimana sebuah komputer desktop yang langsung saja mati jika ada masalah pemadaman listrik. Apa efeknya jika laptop tetap digunakan tanpa baterai atau baterai dalam kondisi rusak ?

Berikut ini beberapa kemungkinan yang terjadi jika sebuah laptop digunakan tanpa menggunakan baterai atau baterainya rusak sehingga sama sekali tidak bisa menyimpan muatan :

  1. Laptop akan mati mendadak saat listrik mati
  2. Hardisk lebih cepat rusak
  3. Resiko mati total lebih tinggi
  4. Windows lebih mudah corrupt
  5. Umur Motherboard lebih pendek
  6. Kehilangan File penting
Baca juga :   Level Baterai Laptop Loncat-loncat, Kenapa ?

Maka, sebaiknya segera lakukan penggantian baterai jika tidak ingin menghadapi resiko diatas.

Perlu diketahui bahwa laptop yang langsung mati saat charger dicabut belum tentu disebabkan oleh karena kerusakan baterai. Masalah bisa saja muncul dari motherboard yang biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada blok charge dan atau blok separator yang bekerja di bagian managemen pengaturan sumber power dan proses charging.

Baca juga :   Arus Bocor Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Jadi sebaiknya di cek terlebih dahulu sebelum melakukan penggantian baterai, tentu saja jika tidak memungkinkan melakukannya sendiri bisa hubungi teknisi terdekat. Karena sering sekali terjadi dimana User ingin mengganti sendiri baterai laptopnya, padahal baterai dalam kondisi baik baik saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *