Inilah Kelemahan Acer E3 Yang Sekaligus Menjadi Kelebihannya, Wow

Diposting pada

Jika bicara kelemahan sebuah laptop tentu ini menjadi bahasan tersendiri bagi pengguna namun tidak serta merta menutupi semua kelebihan daripada laptop tersebut karena bisa saja kelemehan itu prosentasenya sedikit sekali dibandingkan dengan kelebihan yang dimiliki. Namun harus tetap menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi pengguna laptop yang hendak membeli produk bersangkutan.

Kali ini yang kita bahas adalah kelemahan dari sebuah laptop punya Acer yaitu Acer E3, tentu dilihat dari performance yang ada di motherboard karena bagian inilah yang menjadi fokus penanganan kita.

Salah satu yang paling mencolok di bagian motherboard laptop jenis ini adalah unit pengatur tegangan yang menggunakan IC LDO. Ini adalah sebuah IC yang bekerja sebagai unit penurun tegangan dimana system kerjanya adalah Switching, namun komponen switchnya yang biasanya berupa mosfet, ada di dalam tubuh IC. Bagaimana performance dari IC tersebut ?

Baca juga :   Laptop Acer ES1 Lambat Kenapa

Dengan mudah kita bisa melihat bagaimana kekuatannya jika dibandingkan dengan menggunakan sebuah ic controller dengan komponen switching menggunakan 2 buah mosfet besar yang tangguh dan berdiri sendiri, tentu IC ini lebih rapuh. Lalu kenapa pihak pabrikan memilih sebuah IC yang bekerja sebagai LDO untuk menurunkan tegangan ? Kemungkinan jawabannya adalah selain ngirit tempat juga ngirit tenaga yang ujung-ujungnya ke ketahanan daya baterai.

Baca juga :   Acer Z1402 Matot Short Circuit, Hati-hati !

Jadi dari uraian diatas kita bisa melihat kelemahan sekaligus kelebihan dari laptop ini. Dengan menggunakan IC LDO sebagai unit penurun tegangan maka kekuatannya menurun, namun baterainya jauh lebih awet dibandingkan dengan laptop yang menggunakan PWM dengan mosfet kembar yang berdiri sendiri. Dan perlu diketahui bahwa dibagian blok charge, laptop ini juga menggunakan sebuah IC saja, demikian juga untuk supply tegangan ke Chipset yang menggunakan single Chips, wow… pasti kebutuhan tenaganya sangat irit sekali.

Baca juga :   IC Charger Laptop Acer E1

Well, semoga ini menjadi salah satu tambahan informasi bagi kita agar bisa mengetahui performance dari laptop Acer E3 dan seluruh variannya untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih laptop pujaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *