Laptop Di Ces Kadang Nyambung Kadang Tidak, Cek Bagian Ini

Posted on

Bagaimana jika sebuah laptop ketika di ces kadang nyambung kadang kala tidak ?

Jika di lihat di bagian icon baterai di sebelah kanan bawah tampilan dekstop muncul tanda charging ini menandakan bahwa proses charging berjalan normal dan bisa dianggap sempurna jika setelah beberapa saat prosentase baterai bertambah. Jika kondisi ini kadang tidak muncul dan kadang muncul maka pertanda ada masalah pada 2 hal yaitu pada DC jack di laptop dan Jack di charger.

2 Hal yang diatas adalah yang paling sering terjadi. Untuk beberapa laptop tertentu, Asus misalnya, yang DC jack nya onboard ( nyatu di motherboard ) sering sekali bagian positif nya retak sehingga mengakibatkan putus nyambung. Ini bisa diperbaiki hanya dengan melakukan soldering pada bagian yang retak tersebut. Namun untuk beberapa laptop lain yang menggunakan koneksi kabel antara jack dan motherboard tentu perlu pengecekan terhadap unit jack nya sendiri dan kondisi kabelnya.

Baca juga :   Bagaimana Sumber Masalah Motherbaord Laptop Bisa Ditemukan

Jika di laptop tidak ada masalah tentu saja masalah ada pada unit charger, terutama di bagian output ( yang sering terjadi ). Kabel output charger yang sering digulung saat tidak digunakan mengakibatkan akan banyak lipatan di bagian dalam kabel, ini menyebabkan kabel bisa saja putus di lekukan tertentu dan menyebabkan kabel kadnag tersambung dan kadang tidak. Masalah di charger bisa juga di bagian ujung jack output yang di tancapkan ke laptop. Jack tersebut bisa berkurang daya rekatnya ke dc jack di laptop dan mengakibatkan koneksi tidak sempurna.

Baca juga :   2 Hal Penting Saat Ganti Keyboard Laptop

Perlu penelusuran dengan parameter 2 poin penting diatas untuk menemukan sumber masalahnya sehingga laptop bisa diperbaiki dna bisa kembali bekerja dengna normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *