Laptop Pernah Di Service, Bagaimana Performanya ?

Posted on

Sering sekali dijumpai pertanyaan User yang hendak membeli laptop bekas, Sudah pernah service atau belum ?

Pertanyaan tersebut tentu saja dimaksudkan untuk menilai kwalitas dan performa laptop yang hendak beliau beli dengan harapan laptop belum pernah service alias masih perawan.

Selain sudah lumrah terjadi, bahkan penjual pun sering menggunakan icon “perawan” tersebut sebagai daya [ikat untuk menaikkan harga laptop. Userpun menganggap istimewa laptop dengan kondisi jreng tersebut.

Lalu sebenarnya bagaimana performa sebuah laptop jika pernah dilakukan perbaikan ?

Tentu jawabanya bisa berbeda-beda, tergantung dengan di service di bagian mana. Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh User terkait hal ini.

Baca juga :   Laptop, Makin Bagus Makin Sering Rusak ?

Yang pertama adalah Diservice bagian system nya. Orang mengatakan Instal ulang Windows. Ini tidak bisa dikatakan akan menurunkan performa Laptop, karena sejatinya system bisa saja diganti kapan pun dan justru akan meningkatkan performa laptop karena dengan system baru akan bekerja secara optimal.

Yang kedua jika di service Hardware nya. Misalnya karena pernah lemot dan tidak tertolong maka diputuskan untuk diganti hard drive nya atau hardisk. Penggantian hardisk ini juga sangat tergantung dengan kondisi penggantinya. Jika diganti dengan hardisk baru, justru ini akan meningkatkan performa laptop.

Baca juga :   Komputer Build Up Performa Bagus, Tapi...

Selanjutnya, yang penting untuk diketahui juga adalah Service motherboard. Inipun juga variatif, misalnya pernah rusak no display dan diputuskan untuk diganti chipsetnya. Jika demikian maka User perlu untuk meragukan performa laptop, karena penggantian chipset kadang-kadang tidak bisa sesempurna aslinya apa lagi jika chipset yang digunakan rating kwalitasnya rendah, karena perlu diketahui bahwa ada beberapa rating kwalitas chipset, makin rendah makin murah harganya. Namun inipun juga tidk bisa menjamin adanya penurunan kwalitas laptop, karen apada kondisi tertentu justru dengna diganti chipset baru laptop malah semakin mantap dan lebih awet. Sekali lagi ini tergantung dengan rating kwalitas chipset penggantinya.

Baca juga :   Solusi Hubungkan Proyektor Pada Laptop Tanpa Port VGA

Kesimpulannya singkatnya adalah, tidak bisa dengan serta merta laptop ayng sudah diservice bisa dianggap performanya turun dan perlu diragukan kwalitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *