Printer Epson Kadang Error Kadang Lancar

Posted on

Apa yang terjadi pada Printer L120 yang tadi kita tangani sedikit aneh. Printer bisa digunakan dengan normal namun tiba-tiba macet, langsung blinking sesaat setelah tombol ON/Off di tekan dna tentu saja tidak bisa lagi diperintah untuk printing. Namun besoknya lagi printer bisa digunakan tanpa error.

Pada saat printer blinking kita lakukan cek terhadap bagian mekanik di area dalam secara visual, berharap ada kotoran sobekan kertas atau semacamnya, karena memang error terakhir menunjukkan warning Paper Jammed dan user diperintahkan untuk mengeluarkan kertas dari Tray. Namun ternyata tidak ada sedikitpun sobekan kertas di area mekanik maupun di tray kertas.

Lalu pada kondisi printer mati kita melakukan pemutaran pada mekanik Rooler yang biasa berputar pertama kali sesaat setelah printer dinyalakan. Ternyata bagina rooler memang agak berat diputar walaupun akhirnya bisa berputar. Kita memutar bagian tersebut dengan menggunakan jari dengna memutar gigi besar di bagian sebelah kiri printer, di area dalam.

Baca juga :   Cara Reset Printer L120 Epson Dengan Mudah

Selanjutnya setelah rooler berhasil kita putar, walaupun sedikit, kitanya nyalakan printer. Hasilnya printer bisa kembali normal.

Kesimpulannya adalah, masalah ada pada mekanik. Pelicin mekanik telah mengering dan kita berikan pelicin atau pelumas lagi agar tidak ada bagina tertentu yang terlalu kering (kasat) sehingga mudah berputar. Maka printer kembali bisa bekerja normal sebagaimana semestinya.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *