Suntik Tegangan Pada Analisa Laptop Matot ? Tidak akan berhasil

Diposting pada

Proses analisa pada motherboard laptop yang mati total akibat adanya jalur yang short circuit atau shorted atau konslet yang menyebabkan tegangan pada level tertentu, di bagian jalur yang short tersebut drop biasanya teknisi sering melakukan penyuntikan tegangan untuk menemukan komponen yang panas yang bisa dianggap sebagai sumber penyebab short.

Proses penyuntikan ini dilakukan dengan memberikan tegangan kecil pada jalur yang setelah di cek menggunakan multitester menunjukkan konslet. Teknisnya, jalur dipisahkan terlebih dahulu dengan sumbernya yang biasanya ada jembatan berupa Coil, Resistor, Mosfet dan mungkin hanya dipisahkan dengan jumperan saja. Kemudian jalur diberi tegangan mulai dari nilai kecil dan secara bertahap dibesarkan sedikit agar ampere mencapai kurang lebih 1A. Kemudian motherboard disentuh-sentuh menggunakan tangan untuk menemukan komponen yang panas, sedikit panas dan atau hangat. Komponen inilah yang akan dilepas untuk mengetahui apakah jalur tidak lagi short setelah komponen yang panas tersebut dilepas. Komponen inilah yang dianggap sebagai sumber penyebab short circuit.

Pertanyaannya adalah apakah teknik ini selalu bisa dilakukan dan membuahkan keberhasilan dalam proses analisa perbaikan motherboard laptop yang mati total karena short circuit ?

Baca juga :   Laptop Core i5 Kok Lemot

Ternyata jawabannya adalah tidak, tidak selalu berhasil.

Sebagai contoh adalah jika penyebab short sebuah kapasitor SMD yang benar-benar short circuit antara kedua kakinya. Jika dicek menggunakan multitester menunjukkan angka 0 Ohm. Ternyata kapasitor ini jika dimasuki tegangan tidak panas, mungkin saja akan panas namun harus disuntik dengan tegangan yang agak tinggi, tapi apakah boleh kita menyuntikkan tegangan agak tinggi ? Tentu ini tergantung dengan level tegangan yang pada kondisi normal melewati jalur yang short tersebut. Bagaimana jika yang short adalah jalur yang hanya dilewati tegangan 1.05V ? Jika kita beri tegangan melebihi tegangan tersebut tentu saja beresiko akan merusak komponen lain terutama komponen yang sensitif terhadap level tegangan yang masuk kepadanya.

Baca juga :   Acer 4752 Tidak Bisa Dinyalakan, Ikuti Langkah Ini

Maka kesimpulannya adalah penyuntikan tegangan pada proses analisa kerusakan motherboard mati total karena short circuit tidak selalu bisa diterapkan. Kita harus jeli dan kreatif untuk menggunakan metode lain untuk menemukan sumber kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *