Cara Memilih Adaptor Atau Charger Yang Benar Dan Aman

Posted on
Cara Memilih Adaptor Atau Charger Yang Benar Dan Aman

Adaptor atau dikenal dengan charger pada perangkat laptop dan atau gadget serta peralatan elektronika lainnya memiliki rating yang menentukan kemampuannya sebagai patokan penggunaan agar aman untuk dia sendiri dan aman juga untuk perangkat pasangannya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih adaptor agar tidak merusak perangkat pasangannya dan agar memiliki umur lebih panjang ( awet ) ?

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan yaitu Voltage dan Current, Tegangan dengan satuan Volt dan Arus dengan satuan Ampere. Rating ini penting karena jika salah memilih bisa menyebabkan perangkat rusak atau tidak bisa bekerja sebagaimana dalam kondisi normal.

Baca juga :   Inilah Penyebab Komputer Install Ulang Selalu Restart

Yang pertama adalah Voltage atau Tegangan. Rating yang memiliki satuan Volt ini pada pemilihan adaptor atau charger harus sama persis dengan perangkat pasangannya, tidak boleh lebih apalagi kurang. Jika lebih menyebabkan perangkat pasangannya rusak, jika kurang maka perangkat tidak bisa bekerja dengan normal. Jika pada perangkat tertulis rating tegangannya 12V misalnya, maka adaptor yang kita cari harus 12V. Jika pada perangkat tertulis tegangan 5v-12v maka kita bisa memilih adaptor yang memiliki rating antara 5V hingga 12V. Jadi adaptor 9V bisa dijadikan pilihan.

Baca juga :   PC Gaming Ngeblank, Ini Penyebabnya

Kemudian yang kedua adalah Current atau Arus yang memiliki satuan ampere. Ketentuan pemilihan Arus ini berbeda dengan pemilihan Tegangan. Arus adaptor yang kita pilih patokannya adalah harus sama atau lebih besar dengan rating arus yang tertulis pada perangkat pasangannya. Misalnya pada sebuah perangkat elektronika tertulis rating 1A, maka adaptor yang boleh di pasangkan adalah yang memiliki rating arus 1A atau lebih besar. Jika arusnya dibawah 1A maka adaptor cenderung panas dan tidak bisa bekerja dalam waktu yang lama karena adaptor lama kelamaan akan rusak. Atau bahkan dengan rating arus dibawah 1A bisa jadi perangkat tidak bisa dinyalakan. Namun jika adaptor memiiki batasan arus yang lebih besar dari 1A, maka tidak masalah karena yang terpakai tetap saja sekitar 1A. Karena sebagaimana diketahui bahwa arus adalah sesuai dengan beban.

Baca juga :   Penanganan Komputer Terkena Banjir

Demikian patokan-patokan yang harus diketahui pada pemilihan adaptor atau charger perangkat elektronika. Tegangan harus sama persis, Arus ( ampere ) harus sama atau lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *