Gagal Instal Aplikasi, Inilah Penyebabnya

Posted on

Sering sekali terjadi masalah gagal instal aplikasi pada komputer atau laptop yang menggunakan OS Windows baik Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan bahkan Windows 10.

Gagal Instal Aplikasi, Inilah Penyebabnya

Dibawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab gagalnya proses instalasi aplikasi tersebut pada komputer .

  1. OS tidak kompatibel. Aplikasi tertentu bisa saja di buat hanya untuk OS ( Operating System, Windows misalnya ) tertentu. Misalnya hanya support OS Windows 7, maka tentu saja aplikasi tidak bisa diinstal pada Windows XP atau yang lain. Ini juga sering terjadi pada proses instalasi driver laptop yang biasanya memang hanya dibuat untuk OS tertentu saja. Jadi OS yang digunakan komputer harus sesuai dengan permintaan aplikasi. OS bisa saja berupa Linux ataupun Android.
  2. Beda Bit. Walaupun OS sudah sama namun jika pembuat aplikasi menentukan bahwa aplikasi tersebut hanya bisa digunakan pada OS 32 bit, maka tidak mungkin bisa di instal pada laptop yang menggunakan OS 64 bit, demikian juga sebaliknya. Untuk mengetahui Bit OS pada laptop atau komputer kita bisa kita klik kanan Computer kemudian klik kiri Properties, maka akan muncul spesifikasi global komputer berikut OS nya. Disana akan tertulis 32 bit atau 64 bit.
  3. Space Penuh. penyebab lain gagalnya proses instal aplikasi pada komputer adalah space drive C penuh sehingga file temporary yang mmuncul selama prose instalasi tidak kebagian tempat ( space ). Jika demikian maka akan muncul warning bahwa Drive penuh. Untuk melanjutkan proses instalasi maka perlu menghapus beberapa file di drive C atau di drive dimana kita akan instal aplikasi tersebut. File juga bisa dipindah ke Drive yang lain jika ada, D atau E misalnya. Penuhnya space pada drive C ini juga bisa menyebabkan komputer atau laptop lemot.
  4. Virus. Bisa juga Instal aplikasi pada komputer gagal karena adanya virus terutama di drive C dimana system OS di instal. Virus ini bisa menghapus atau mengganggu kinerja beberapa komponen system sehingga bisa saja menyebabkan User tidak bisa melakukan instal aplikasi baru pada komputer tersebut. Ini biasanya terjadi pada komputer yang sering online namun tidak dilengkapi dengan antivirus yang handal.
  5. Master corrupt. Atau mungkin saja master aplikasi yang akan diinstal corrupt, tidak lagi sempurna file-filenya sehingga tidak bisa berjalan dengan normal saat di instal ke dalam komputer. Sebaiknya master aplikasi disimpan dalam bentuk RAR atau ISO agar lebih tahan terhadap Virus.
  6. System corrupt. Bisa juga OS ( Windows atau yang lain ) pada komputer corrupt, sehingga beberapa komponen system tidak bisa bekerja sebagaimana seharusnya. System corrupt ini bisa disebabkan oleh adanya Bad Sector pada Hardisk. Ini bisa diperbaiki dengan melakukan reparasi Hardisk. Salah satunya adalah dengan menggunakan HDD Regenerator punyanya Hiren
Baca juga :   Aplikasi Kamera Laptop Super Ringan

Inilah beberapa penyebab gagal instal aplikasi pada komputer atau laptop. Tentu masih ada penyebab-penyebab lainnya namun ini adalah hal yang paling sering terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *