Jangan Pernah Gunakan Charger Murah, Jika Sayang Laptop

Diposting pada
Jangan Pernah Gunakan Charger Murah, Jika Sayang Laptop
Salah satu Teknik Melepas Kapasitor

Hanya 50 ribu rupiah saja sudah bisa kita dapatkan sebuah charger laptop untuk berbagai merk dan type. Bisa dibandingkan denganharga charger original yang bisa mencapai harga 250 ribu rupiah, sangat murha sekali. Namun tahukah sahabat laptop semuanya bahwa charger 50 ribu tersebut bisa menyebabkan laptop kita terbakar !

Berawal dari datangnya sebuah laptop Toshiba dari pelanggan yang mengeluh tidak bisa dinyalakan sama sekali atau kita biasa sebut matot ( mati total ). Laptoppun kita terima untuk kita perbaiki, namun tentu saja tanpa charger, karena kita biasa menerima servisan laptop tanpa charger.

Begitu proses perbaikan kita mulai, ternyata kenyataan pahit muncul di depan mata. Hampir semua IC controller di motherboard dalam kondisi rusak terbakar. Sebagian sudah hancur, sebagian lagi hanya terlihat setitik bekas gosong di body nya. Motherboard benar-benar hancur. Banyak bekas kebakaran ada di sana sini ( ilustrasi ).

Kemudian kita berusaha menggali informasi dari pemiliknya, dan ternyata kita dapatkan bahwa charger yang digunakan adalah charger murahan yang didapatkan di Toko lokal dengna harga kisaran 50 ribu. Belum juga lama charger tersebut di dapatkan.

Akhirnya kita bisa simpulkan bahwa tegangan yang tidak stabil dan tidak lembut yang keluar dari charger murahan tersebut telah menyebabkan motherboard dalam kondisi yang tidak sehat. Bekerja dengan terpaksa, hasilnya IC dan beberapa komponen switching yang lain termasuk mosfet juga ikutan rusak.

Dari kisah pahit diatas, kita sarankan kepada sahabat laptop dimanapun berada agar tidak berfikir untuk mencoba menggunakan charger 50 ribuan jika charger bawaan laptopnya sedang tidak normal. Segera belikan charger original, karena walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun masih lebih mahal lagi biaya perbaikan laptop yang rusak akibat penggunaan charger murahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *