Printer Tiba-tiba Macet ? Jangan Bingung Om

Posted on

Tenang dan lakukan langkah-langkah berikut jika tiba-tiba printer kamu macet padahal sedang enak-enaknya di gunakan untuk printing tugas yang sudah menumpuk.

Tidak jarang pengguna printer salah tingkah bahkan emosi ketika menghadapi masalah yang munculnya saat printer sedang sangat dibutuhkan. Pekerjaan sudah deadline pula. Hal ini memang normal dan sering terjadi. Tentu pemicunya adalah pengguna tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Ikuti langkah-langkah berikut agar tidak kebingungan apa yang harus dilakukan.

  1. Perhatikan warning yang muncul di layar monitor. Sesaat setelah printer macet, jika macetnya pada saat proses printing, maka pasti akan muncul warning di layar monitor komputer atau laptop, baca dan foto menggunakan handphone layer warning tersebut. Ini kita jadikan bahan saat nanti curhat ke teknisi terpercaya. Karena tidak jarang masalah printer bisa diperbaiki dengan mengikuti arahan teknisi via telpon tanpa harus menunggu teknisinya hadir.
  2. Yang kedua perhatikan lampu indikator pada panel printer. Jika ada indikator yang berkedip-kedip, hitung jumlah kedipannya. Biasanya pengguna cenderung males menghitung karena kedipan indikator tersebut biasanya terkesan terus menerus, maka tidak ajrang yang emngatakan ” berkedip terus menerus kok disuruh hitung “. Maka perlu pengguna printer ketahui bahwa indikator yang berkedip tersebut bisa dihitung, kedipannya selalu ada jeda. Nah, menghitungnya mulai setelah jeda dan di akhiri sebelum jeda, inilah jumlah kedipan indikator yang kita jadikan patokan untuk mengetahui jenis kerusakannya. Jumlah kedipan tersebut adalah kode error yang di berikan pabrikan untuk memudahkan pengguna printer menganalisa kerusakan. Sampaikan kepada teknisi terpercaya jumalh kedipannya. Atau jiak berkenan bisa search di internet dengna kata kunci model printernya dan jumlah kedipan indikator tersebut.
  3. Atau jika panel printer dilengkapi dengan display, maka perhatikan, catat dan foto tulisan yang muncul pada display tersebut untuk kita sampaikan kepada teknisi. Atau kita jadikan juga sebagai kata kunci sat search di internet.
  4. Jika pengguna hendak mencoba sendiri step-step perbaikan yang diambil dari tutorial di internet maka mulai dari awal dan lakukan per-step tanpa melompat. Ulangi hingga yakin langkah yang dilakukan besar sesuai dengan petunjuk.
Baca juga :   Printer Kena Migrain Tak Perlu Tergesa-gesa Dibawa Ke Dokter

Jangan gugup atau emosi, karena perangkat elektronika yang rusak akan semakin sulit diperbaiki saat kita emosi, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *