3 Hal Yang Harus diperhatikan Saat Instal Driver Printer

Posted on

Sebagaimana perangkat lain yang dihubungkan dengan komputer maupun laptop melalui sambungan USB, printer juga membutuhkan driver yang bekerja sebagai interface antara perangkat dan system komputer. Untuk perangkat printer biasanya drivernya disertakan di dalam bentuk CD pada saat pembelian.

Web

Proses instalasi driver menggunakan CD bawaan cenderung lebih mudah karena tinggal buka software yang ada di dalam CD. Namun jika CD tersebut hilang atau entah karena apa sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana seharusnya, maka kita bisa mendapatkan drivernya melalui internet di situs resmi pabrikannya. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika kita akan melakukan instalasi tanpa CD bawaan.

  1. Perhatikan OS Komputer atau Laptop. OS atau operating system yang secara umum di tempat kita menggunakan Windows dengan berbagai variannya ( Windows 7, 8, 10 dll. ). Ini penting untuk mendapatkan driver yang cocok dengan system yang sudah terinstal pada komputer atau Laptop terutama ukuran bit. Jika OS pada laptop menggunakan 32 bit maka driver yang harus kita download adalah 32 bit, demikian juga jika 64 bit.
  2. Download di situs resmi lebih di rekomendasikan. Gunakan keyword type printernya dan ikuti dengan driver support, maka yang muncul di baris pertama pada tampilan google adalah mengarah ke website resmi. Misalnya untuk driver printer epson l330, maka gunakan kata kunci : L330 driver support.
  3. Pada saat proses instalasi, Printer harus ada di dekat komputer. Karena di tengah-tengah proses instalasi, akan ada printerh untuk menghubungkan printer dengan komputer atau laptop.
Baca juga :   Samsung ML1640 Printer Driver

Inilah 3 hal yang wajib diperhatikan pada saat akan menginstal driver pada printer sedangkan CD bawaannya sudah tidak lagi ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *