Hati-hati Laptop Ini Chargernya 5V

Diposting pada

Mungkin bagi kita pengguna laptop, secara umum yang kita tahu charger laptop itu bertegangan 19V atau 20V. Namun perlu kamu ketahui bahwa laptop yang akan kita bahas ini chargernya hanya 5V, maka hati-hati jangan sampai dimasuki charger 19V karena bisa merusak motherboard.

Hati-hati Laptop Ini Chargernya 5V
motherboard Mybook 11

Ini adalah Laptop jenis netbook merk Axioo MyBook 11N16H. Keunikan lain dari netbook dengan layar 11 inch ini adalah ukuran motherboardnya yang secara fisik kelihatan sangat kecil sekali, hanya selebar tablet kecil.

Dengan charger yang hanya 5V saja, ini akan beresiko terjadi kerusakan ketika dibawa ke teknisi. karena secara umum teknisi laptop menggunakan charger PSU digital yang mungkin secara default sudah di setting ke tegangan 19V. Apa efeknya jika laptop ini di beri tegangan 19V ?

Baca juga :   Laptop Ini Charger Dilepas Langsung Mati, Kenapa Yha

Maka sebuah IC controller yang salah satu isinya IC charger akan jebol, short circuit, akibatnya laptop akan mati total. IC tersebut bisa didapatkan di internet dengan harga rata-rata Rp.50.000, namun perlu diketahui bahwa penggantiannya membutuhkan tingkat presisi yang tinggi dikarenakan jumlah pinnya sangat banyak dan tingkat kerapatan antar pinnya juga sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *