Jika Laptop Tidak Lagi Bisa Di Ces, Pertanda Apa?

Posted on

Masalah ini sering sekali terjadi dan menyebabkan User kebingungan kenapa tiba-tiba masalah ini muncul, yaitu Laptop tidak lagi bisa di Ces atau tidak bisa charging. Perlu diketahui bahwa berdasarkan pengalaman real ini bisa menjadi salah satu pertanda hal buruk telah terjadi, namun bisa juga disebabkan masalah yang bisa dengan mudah diperbaiki tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.

Yuk simak bahasan berikut tentang Laptop yang tidak lagi bisa di ces, tidak lagi bisa charging.

Tidak bisa di ces bisa saja disebabkan masalah sepele, misalnya adanya kerusakan pada kabel listrik yang menghubungkan charger dengan stop kontak listrik. Jika demikian, maka laptop seharusnya masih bisa menyala selama baterainya masih ada isinya, tidak empty. Kabel listrik trihole yang umumnya digunakan charger laptop harganya di kisaran 20 ribu rupiah, sangat murah jika dibandingkan dengan harga laptopnya.

Baca juga :   Layar Laptop Gelap, Ini Penyebabnya

Bisa juga laptop tidak bisa dices disebabkan karena kabel output charger yang menghubungkan charger dengan laptop putus di tengah jalan, dipangkal jalan atau diujung jalan. Di tengah jalan maksudnya kabel putus di tengah, dipangkal jalan maksudnya putus di dekat charger dan ini yang sering terjadi. Atau diujung jalan, di dekat DC jack di laptop. Dengna menggunakan multi tester kita bisa menemukan di bagina mana yang putus untuk kemudian di sambung lagi agar bisa menyalurkan listrik dari charger menuju laptop.

Baca juga :   Komputer Di Tempat Lembab Boleh Tidak ?

Penyebab lainnya adalah adanya kerusakan pada DC Jack, atau jek charger yang ada di motherboard laptop. Kerusakan ini juga sering terjadi. Selain jek nya yang rusak, juga bisa saja untuk jenis laptop tertentu yang menggunakan kabel yang menghubungkan antara DC jack dan motherboard, kerusakan bisa di kabelnya itu sendiri. Sehingga menyebabkan listrik dari charger tidak bisa masuk ke motherboard laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *