Musim Hujan, Siap-siap Jaga Perangkat Komputer

Diposting pada

Musim hujan telah tiba di sebagian besar wilayah Indonesia, tidak boleh abai terhadap keamanan perangkat komputer baik PC ataupun Laptop serta perangkat sejenis yang lain.

Musim Hujan, Siap-siap Jaga Perangkat Komputer

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar komputer tidak gampang rusak saat musim hujan tiba.

  1. Sering-sering dinyalakan. Karena suhu yang dingin bisa saja memunculkan embun di bagian-bagian vital komputer terutama di motherboard, maka komputer harus sering dinyalakan. Selain membuat sehat komputer, hal ini juga bisa menjaga suhu komputer tetap hangat
  2. Jangan letakkan komputer di lantai tanpa alas. Karena suhu lantai tentu saja lebih dingin.
  3. Untuk komputer yang digunakan diruang yang atapnya tidak ber plafon tentu saja harus yakin pada saat hujan lebat tidak akan ada percikan air yang bisa mengenai komputer.
  4. Terutama yang berlokasi rawan banjir sebaiknya data-data penting segera di backup ke flashdisk dan disimpan ditempat yang benar-benar aman, karena alam kadang-kadang tidak bisa diprediksi.
  5. Sebaiknya gunakan UPS, karena pada musim hujan PLN lebih sering mati akibat adanya gangguan alam baik petir maupun gangguan alam yang lain. Jika komputer sering mati mendadak tentu mengakibatkan kerusakan yang fatal.
Baca juga :   Cara Memilih Adaptor Atau Charger Yang Benar Dan Aman

Inilah 5 hal penting yang harus diperhatikan pada perangkat komputer saat musim hujan tiba. Jangan pernah abaikan hal diatas karena akibatnya bisa fatal, dan menyesal kemudian tidaklah berguna. Akan banyak kerugian materi akibat tidak mengindahkan 5 hal diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *