Kenapa Baterai Laptop Tidak Bisa Diperbaiki ?

Diposting pada

Sebagaimana telah dimaklumi bahwa baterai laptop kecil kemungkinan bisa diperbaiki jika telah rusak, sebetulnya kenapa kok demikian ?

Sebelum kita bahas lebih detail tentang masalah tersebut, perlu diketahui bahwa di dalam baterai laptop, baik yang eksternal maupun baterai tanam, terdapat 2 bagian utama yaitu cell dan controller board. Cell secara fisik adalah baterai yang kita ketahui, seperti baterai ABC namun rechargeable ( bisa di ces ), dan controller board adalah mainboard yang berisi rangkaian controller yang menopang kinerja baterai. Di dalam controller board terdapat system switching, sensor, dan counter system yang menghitung waktu penggunaan baterai. Disana juga terdapat system proteksi yang bekerja saat terjadi hal-hal diluar kondisi normal.

Rata-rata kerusakan pada baterai bukan pada cell, namun pada controller board. Jika system proteksi telah melakukan pemutusan arus, bunuh diri, disebabkan terjadi hal-hal yang dia anggap diluar kondisi normal. Ini sulit sekali dipecahkan. Disana terdapat proteksi bertingkat, entah apa tujuannya namun selain sulit di “grayahi” juga spare partnya sulit didapatkan di pasaran.

Baca juga :   Baterai Laptop Drop, Bisakah Diperbaiki ?

Jika kerusakan hanya nge-drop, daya tahannya melemah, bisa saja disebabkan oleh melemahnya cell. Dan ini bisa diperbaiki dengan mengganti cell yang telah melemah.

Jadi, penyebab baterai laptop sulit diperbaiki adalah rumitnya system yang ada di controller board, dan sulitnya mendapatkan spare part di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *