Kunci Perbaikan Keyboard Laptop

Diposting pada

Untuk memperbaiki keyboard laptop yang rusak kita bisa menggunakan teknik penanganan apapun, sesuai dengan selera. Yang terpenting adalah kita mengetahui penyebab kerusakan pada keyboard tersebut.

Yang paling sering terjadi jika sebuah keyboard laptop ada beberapa tombol tidak berfungsi disebabkan oleh tombol yang stuck, baik pada tombol yang bersangkutan atau bisa juga tombol ayng stuck ada di bagian lain. Ini bisa terjadi karena antara satu tombol dengan tombol yang lain saling berhubungan sehingga jika ada masalah pada tombol tertentu akan mempengaruhi tombol lain yang sejalur.

Kuncinya adalah, pastikan tombol yang error tidak stuck, tidak nempel antara mika yang atas dan yang bawah. Untuk memastikan kita bisa pisahkan kedua mika tersebut menggunakan pinset tipis yang aman. Perlu hati-hati untuk melakukan langkah ini karena jika terlalu gegabah bisa merusak jalur keyboard yang bisa mengakibatkan lebih banyak lagi tombol yang tidak berfungsi. Jika setelah pemisahan mika tersebut tombol tetap tidak berfungsi, maka kemungkinan stuck ada pada tombol yang lain. Cek menggunakan keyboard tester yang bisa di download gratis di internet.

Baca juga :   IC Kontrol Keyboard Laptop

Setelah ditemukan adanya tombol lain yang tidak berfungsi dengan baik maka tombol tersebut juga perlu di pisahkan antara mika yang atas dan bawah.

Baru jika kedua langkah diatas tetap tidak membuahkan hasil, maka ada kemungkinan jalur sudah putus, dan ini membutuhkan penangan lebih serius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *