Perbedaan Analisa Motherboard Laptop, Dengan dan Tanpa Charger

Diposting pada

Perlu Teknisi Pemula ketahui bahwa ada kondisi yang berbeda pada motherboard ketika charger dimasukkan dan baterai terpasang, atau pada saat hanya baterai saja yang dipasang pada motherboard. Demikian juga ketika motherboard mendapatkan supply tegangan dari charger saja, tanpa baterai.

Perbedaan Analisa Motherboard Laptop, Dengan dan Tanpa Charger

Jika motherboard mendapatkan sumber tegangan dari baterai dibandingkan dengan motherboard mendapatkan supply tegangan dari charger saja maka

  1. Dengan baterai saja, Tegangan 3v/5v tidak muncul sebelum motherboard di nyalakan. Tegangan ini langsung muncul sebelum motherboard dinyalakan jika supply tegangan dari charger.
  2. Dengan baterai saja maka tegangan pada rell utama adalah sesuai tegangan baterai, ada di kisaran 10V. Ini berbeda jika dibandingkan dengan motherbaord yang mendapatkan supply tegangan dari charger yang bisa memunculkan tegangan 19V, bahkan 20V pada beberapa laptop Lenovo.
Baca juga :   Skema Motherboard Laptop

Inilah 2 hal penting yang perlu diketahui oleh teknisi laptop, utamanya yang masih di level newbie. Karena kadang-kadang bisa menyebabkan step analisa berantakan hanya karena ketidak tahuan dalam membedakan kondisi motherboard laptop saat mendapatkan sumber tegangan dari charger ataupun dari baterai.

Perlu diketahui bahwa pada beberapa jenis motherboard kondisinya akan sedikit berbeda, maka sebaiknya kita tetap mengacu pada skema daripada laptop yang sedang kita analisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *