Lampu Charge Nyala Namun Laptop Tidak Bisa di Nyalakan, Kenapa?

Posted on

Masih tentang masalah yang terjadi pada laptop yang selalu saja bikin pusing kepala, apa lagi bagi pengguna yang awam yang selalu saja harus keluarin uang jika ada problem pada laptop nya. Kali ini yang akan kita bahas adalah tentang sebuah laptop yang tidak bisa dinyalakan namun ketika charger dimasukkan kita bisa melihat bahwa lampu indikatornya menyala dengan baik.

Tentu ada 3 bagian penting setiap blok kerja pada motherboard laptop yaitu Sumber, Beban dan Controller. Laptop akan bisa bekerja dengan normal jika ketiga hal tersebut kondisinya sesuai dengan parameter yang sudah di atur oleh system sesuai dengan pabrikan laptop. Satu saja dari 3 bagian tersebut dalam kondisi tidak normal, tidak sesuai dengan parameter, maka laptop tidak akan bisa bekerja dengan normal.

Termasuk pada laptop yang kita sedang bahas ini. Laptop tidak bisa dinyalakan sebagaimana dijelaskan diatas pasti disebabkan oleh slah satu dari 3 hal diatas. Mungkin ada masalah pada sumber tegangannya, atau ada masalah pada controller atau bebannya bermasalah.

Baca juga :   Tombol Power Tidak Berfungsi, Laptop mati

Untuk proses menyalakan laptop, Yang dikatakan sumber disana adalah tegangan utama 19V ( atau sesuai dengan merk laptop ), Kemudian tegangan 3V dan 5V. Setidaknya 3 tegangan utama tersebut yang harus muncul di awal ( secara umum ). Tegangan sumber ini harus pada kondisi normal. Kemudian selanjutnya adalah beban. Beban adalah komponen-komponen yang terhubung dengan ketiga tegangan diatas, harus pada kondisi normal.

Kemudian bagian penting lainnya adalah Controller. Ini adalah bagian yang menentukan kapan sumber akan terhubung dengan beban dan kapan akan terputus hubungannya. Bagian ini juga harus pada kondisi normal, sesuai dengan system yang telah dibuat.

Baca juga :   Langkah Perbaikan Aspire One Tidak Bisa Dinyalakan

Salah satu komponen yang masuk pada system controller adalah tombol power yang kita selalu petik untuk menyalakan dan kadang-kadang juga mematikan laptop. Controller yang lain adalah IC power dan chipset.

Dari paparan diatas maka jika laptop tidak bisa dinyalakan maka kita harus cek kondisi tombol powernya, kemudian kita cek juga parameter-parameter yang bisa menyebabkan system controller bisa bekerja dengan normal, ini bisa kita lihat pada skema daripada motherboard yang bersangkutan.

Pada kondisi tertentu laptop tidak bisa dinyalakan ini juga bisa disebabkan oleh adanya masalah pada bebas 3V dan 5V, atau dikenal dengan jalur VS. Jalur ini seharusnya muncul tegangannya ketika laptop sudah dinyalakan, Namun sebelum dinyalakan sudah di monitor oleh system yang memang kerjanya memonitor jalur, jiak jalur tersebut normal maka siap untuk di nyalakan, namun sebaliknya jika ada masalah maka system akan melaporkan adanya masalah sehingga laptop tidak bisa dinyalakan.

Baca juga :   Laptop Setelah Shutdown Tidak Bisa Nyala Lagi

Walaupun demikian, ternyata berdasarkan pengalaman kita, kondisi BIOS juga bisa mempengaruhi bisa dan tidaknya sebuah laptop dinyalakan. Maka langkah flash BIOS di awal sebelum proses analisa lebih lanjut juga lazim saja dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *