Laptop Dell Blinking Orange 2x Putih 1x

Laptop Dell Blinking Orange 2x Putih 1x

Posted on

Pada keterangan resmi dari pabrikan Dell kita sudah tahu bahwa error dengan indikator blinking orange 2x dan putih 1x terur menerus menunjukkan adanya masalah pada prosesor ( CPU ), apakah ini berarti prosesor rusak dan harus di ganti ? Yuk kita bahas lebih dalam tentang masalah ini.

Berpatokan pada keterangan dari Dell tersebut diatas kita bisa tafsirkan bahwa laptop sedang bermasalah di bagian CPU atau Prosesor. Sebagaimana komponen yang lain pada sebuah motherboard laptop, prosesor ini salah satu dari 3 blok penting yaitu sumber, beban atau controller.

Sumber, adalah blok yang bekerja menghasilkan output yang bisa berupa tegangan, signal, frekwensi dan output yang lain.

Baca juga :   Laptop Dell Lampu Nyala Namun Layar Mati

Beban, adalah blok yang ada di ujung dan tidak lagi memiliki output yang digunakan oleh blok lain secara langsung. yang ada hanya feedback yang hanya menjadi signal laporan yang akan digunakan oleh blok controller untuk mengatur lalu lintas data ( tegangan, signal, frekwensi dll. ) dari sumber ke beban.

Controller adalah bagian yang menentukan lalu lintas data dari sumber ke beban atau sebaliknya.

Prosesor bekerja untuk memprose semua data yang diperlukan agar sebuah laptop bisa bekerja dengan baik. Hasil dari pekerjaan sebuah laptop salah satunya adalah munculnya gambar pada layar monitor yang bisa digunakan oleh pengguna ( manusia ) untuk keperluan lebih lanjut. Karena ada outputnya maka Prosesor bisa kita anggap sumber. Namun karena prosesor membutuhkan supply tegangan dari blok lain, maka ini adalah beban.

Baca juga :   Buka Internet Tidak Bisa ? Ternyata Masalahnya Sepele

Dengna berbagai kerumitannya di bagian dalam komponen tentu saja Prosesor juga bekerja sebagai controller karena bisa mengendalikan beberapa lalu lintas data di dalam laptop. Ini memang komponen yang rumit dan memiliki banyak pekerjaan, maka tidak heran jika prosesor kondisinya selalu panas dan membutuhkan pendingin khusus, tidak sebagaimana komponen yang lain.

Dari paparan singkat diatas maka kita tidak bisa serta merta menganggap prosesor rusak dan harus diganti, jika sedang bermasalah. Karena bisa saja prosesor itu tidak bekerja dengan normal lantaran adanya supply tegangan yang tidak sesuai dengan parameter yang dibutuhkan. Atau adanya hambatan yang tidak diinginkan yang disebabkan karena melemahnya pin-pin prosesor yang menghubungkan prosesor dengan motherboard.

Baca juga :   Kode Error Laptop Dell Inspiron 14

Atau bahkan bisa juga prosesor tidak normal itu karena kurang maksimalnya system pendinginnya ( heatsink ), sehingga suhu fisiknya terlalu tinggi.

Jadi kesimpulannya adalah jika indikator error pada laptop Dell menunjukkan adanya masalah pada prosesor atau CPU maka kita tidak bisa serta merta menganggap bahwa prosesornya rusak dan harus diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *