di ces langsung mati

Laptop Di Ces Malah Mati, Ini Salah Penyebabnya

Diposting pada

Salah satu hal yang menyebabkan sebuah laptop langsung mati saat di ces, saat charger dimasukkan, adalah adanya masalah pada motherboard di bagian separator. Yaitu blok yang menangani proses dan managemen pembagian sumber tegangan dari baterai dan dari charger.

Pada blok tersebut terdapat mosfet yang terhubung langsung dengan port + baterai, menyeberang menuju jalur Vin 19V, jalur yang menjadi jalan raya pendistribusian sumber tegangan utama baik dari charger maupun dari baterai. Mosfet ini jika rusak short ( konslet ) maka port + baterai akan terhubung langsung dengan jalur Vin, maka jika charger dimasukkan sama saja menghubung singkatkan tegangan 10V (kurang lebih) dari baterai dan 19V (kurang lebih) dari charger, maka lonjakan arus akibat hal ini bisa menyebabkan system proteksi bekerja mematikan laptop.

Maka jika sedang menangani laptop yang langsung mati saat charger dimasukkan, setelah memastikan kondisi charger, segera check mosfet tersebut, dalam kondisi baik, rusakl, atau setengah rusak.

Baca juga :   Laptop Tidak Bisa Dimatikan

Perlu diketahui bahwa ini bukanlah satu-satunya penyebab, namun sering juga terjadi pada sebuah laptop, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *