Printer Epson Hasil Cetaknya Blank, Ini Solusinya

Printer Epson Hasil Cetaknya Blank, Ini Solusinya

Posted on

Apa jadinya jika sebuah Printer Epson hasil cetaknya blank tidak ada gambat atau tulisan apapun, padahal tinta bisa mengalir dengan lancar dari tabung penampungan tinta menuju Head Cartridge ditandai dengan mengalirnya tinta ke bagian pembuangan pada saat di lakukan Cleaning pada printer.

Masih saja masalah tersebut dianggap disebabkan oleh kerusakan pada Head Cartridge, dan tidak jarang yang memaksakan diri untuk membeli Head yang dikenal dengan harganya yang mahal, alhasil percuma, karena memang penyebabnya bukan masalah Head.

Lalu apa penyebabnya ?

Baca juga :   Software Resetter Epson L110

Ternyata penyebabnya adalah hilangnya sumber power yang mensupply bagian Head yang memerintahkan untuk menyemprotkan tinta pada saat terjadi proses cetak atau printing. Hal ini disebabkan oleh putusnya pengaman Fuse atau sekring yang ada pada motherboard ( Logic board ).

Fuse kecil dengan kode F1, pada Printer Epson L110, L120, L310 dan beberapa type lain ada di dekar slot ke cartridge. Pada bodynya tertulis kode K. Untuk pengecekan, agar kita yakin dengan kondisinya, kita bisa gunakan multitesteratau peralatan lain yang bisa digunakan untuk pengecekan lutus tidaknya sebuah jalur. Fuse yang normal akan tersambung antara dua kakinya, dan Fuse yang rusak akan terputus kedua kakinya.

Baca juga :   Printer T20E Lama Tidak Dipakai

Dengan mengganti Fuse F1 tersebut maka masalah hasil cetak yang blank pada pritner Epson bisa teratasi, printerpun kembali bisa bekerja dengan normal sebagai mana semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *