Laptop Dell Lampu Nyala Namun Layar Mati

Diposting pada

Beberapa kasus pada laptop sering sekali muncul dengan kasus yang sama, sebagaimana yang akan kita bahas pada artikel ini dimana sebuah laptop Dell ketika tombol power di tekan lampunya menyala putih kemudian dvd room juga bisa dibuka namun tidak ada tampilan apapun pada layar monitor laptop.

Kasus diatas dalam dunia teknisi sering dikenal dengan black screen ( layar hitam ), ada juga yang mengatakan blank ( kosong, tidak ada gambar apapun ). Tentu saja untuk mengetahui cara penanganannya kita musti tahu apa yang menyebabkan muculnya masalah tersebut

Beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah black screen pada laptop diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. RAM bermasalah. Ini yang paling sering terjadi pada laptop yang black screen. RAM bermasalah tidak selalu bisa di identikkan dengan RAM rusak. Karena bisa juga disebabkan oleh adanya kotoran yang menyebabkan koneksi RAM dengan motherboard tidak bagus sehingga tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Jika RAM tidak bekerja normal maka bisa menyebabkan laptop black screen atau nge blank. Solusinya jika demikian adalah bersihkan RAM dan slot yang di motheboard, jika belum berhasil ganti dengan yang normal.
  2. BIOS corrupt. Walaupun lebih jarang terjadi, namun ini juga sering dialami pada laptop terutama yang menggunakan single chips. Solusinya jika demikian adalah flash BIOS.
  3. Prosesor bermasalah. Sebagaimana RAM, ini juga tidak melulu disebabkan oleh rusaknya prosesor. Supply tegangan ke prosesor yang di kenal dengan VCore atau VCC Core, jika kurang normal juga bisa menyebabkan laptop black screen. Solusinya perbaiki tegangan VCore sebelum mencoba untuk ganti prosesor.
  4. VGA bermasalah. Meskipun menggunakan VGA onboard jika tidak bekerja sebagaimana mestinya pasti akan menyebabkan adanya masalah pada laptop. Pada kondisi tertentu memang memaksa kita untuk ganti chipset VGA, namun kadang-kadang bisa juga di perbaiki dengan melakukan reballing, yakni mengganti pin-pin chipset vga agar koneksinya dengan motherboard kembali normal.
  5. Adanya masalah pada jalur tertentu di motherboard. Pada kondisi yang rumit, hilangnya satu saja tegangan di jalur yang vital pasti akan menyebabkan laptop tidak bisa bekerja dengan normal termasuk salah satunya adalah black screen atau blank. Masalah seperti ini membutuhkan proses analisa lebih lanjut yang cenderung rumit dan memakan waktu. Tentu saja hanya bisa dilakukan oleh teknisi laptop profesional. Jika orang awam mencoba untuk memecahkannya sendiri maka ada resiko munculnya masalah yang lebih berat yang pada kondisi tetentu bisa memaksa pemilik laptop untuk menggantu motherboard dengan yang baru, dan ini membutuhkan biaya lebih tinggi, hampir sama dengan harga laptopnya.
Baca juga :   Laptop bunyi tit panjang

Inilah beberapa penyebab dan solusi untuk memperbaiki laptop Dell yang black screen yang bisa juga diterapkan pada laptop merk lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *