Printer Epson Lama Tidak Dinyalakan, Apa Jadinya

Posted on

Sebagaimana perangkat elektronika yang lain, Printer pun demikian, ada saja masalah yang muncul. Walaupun tidak separah printer merk lain, printer Epson yang menggunakan teknologi nozzle dalam proses penyemprotan tinta di media cetak ( kertas ) juga akan menunjukkan adanya masalah jika tidak digunakan dalam walktu yang lama.

Beberapa masalah yang biasa muncul adalah sebagai berikut :

  1. Tidak bisa dinyalakan sama sekali. Ini memang tidak terlalu parah dan biaya perbaikannya pun tidak terlalu mahal, namun butuh kejelian untuk menganalisa dan menemukan sumber kerusakannya. Diantara penyebabnya adalah adanya masalah pada tombol power. Karena lama tidak di pencet-pencet maka suka muncul kerak yang menghalangi lempengan yang ada didalam tombol power, sehingga saat dipencet kedua lempengan yang seharusnya menyatu ( terhubung singkat)tidaklah bisa menyatu dengan pasti sehingga printer tidak menyala. Kerusakan ini jika belum parah bisa diperbaiki dengan menyemprotkan cairan contact cleaner pada tombol power, kemudian tombol di pencet-pencet berulangkali. Namun jika kerusakan sudah parah maka tombol power harus diganti dengan yang baru.
  2. Hasil cetak tidak sempurna. Walaupun tergolong jarang terjadi untuk printer jenis EPson namun bukan tidak mungkin ini terjadi. Namun jangan kawatir, karena pada pilihan maintenance bawaannya sudha dilengkapi dengan system penyedotan tinta dari tang menuju katrid yang memungkinkan pengguna lebih mudah memperbaiki masalah tinta yang kurang lancar yang menyebabkan hasil cetak tidak sempurna.
  3. Mati total. Biasanya terjadi akibat adanya kelembaban yang terlalu tinggi di area logic board sehingga pada saat dinyalakan akan menarik arus yang terlalu tinggi. Akibatnya biasanya Fuse yang bekerja sebagai pengaman arus lebih akan jebol. Penggantian Fuse bisa menyelesaikan masalah
Baca juga :   L110 L120 Kertas Keluar Lebih Dari Satu, Ganti Ininya

Inilah yang sering terjadi pada printer Epson yang lama tidak dinyalakan, masih ada efek-efek lain yang bisa saja terjadi namun jarang sekali terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *