Close up multifunction printer paper feed

Ngeprin, Tapi Kertas Tidak Masuk

Posted on

Ada saja masalah yang muncul pada printer, kali ini kita membahas sebuah printer Epson yang sudah dikenal kehandalannya dalam dunia printing di berbagai kantor. Masalah yang kita bahas adalah proses printing atau proses cetak berjalan, katridpun mondar mandir ke kiri dan ke kanan, layaknya proses cetak yang normal, namun kertas hanya masuk sedikit dan tidak berjalan, pasti saja tidak ada kertas yang keluar darin printer setelah selesia proses cetak.

Baca juga :   Solusi Printer Kertas Ketarik Semua

Sebetulnya sumber masalahnya adalah sama dengan masalah lain yang menyebabkan kertas tidak bisa masuk ke ruang cetak, yaitu adanya kotoran pada ruang tray kertas, yaitu ruang dimana kertas kita letakkan. Ada kotoran yang ada di dalam, cenderung lebih kecil dibanding dengan kotoran yang menyebabkan printer error dan tidak bisa memulai proses cetak. Saking kecilnya kadang-kadang tidak ditemukan oleh teknisi kecuali setelah membungkar printer tersebut. Ketelitian di perlukan untuk memperbaiki masalah seperti ini.

Jika malas membuka printer, kita bisa coba menjongkel pelan-pelan dari arah depan. Jongkel bagian karet rollernya dari kanan ke kiri atau sebaliknya satu persatu sehingga ditemukan kotoran yang menyelip di bagian tersebut. Ingat, sedikit saja kotoran jika keras akan mengganggu penarikan kertas.

Baca juga :   Printer T20E Lama Tidak Dipakai

Dengan membersihkan korotan tersebut maka printer bisa kembali bekerja dengan normal. Cari terus kotorannya jika kertas belum juga bisa masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *