Tips Temukan Sumber Kerusakan Laptop Yang Tidak Bisa Dinyalakan Dengan Baterai Saja
multimeter, laptop motherboard repair, troubleshooting.

3V/5V Muncul Tapi Tidak Bisa Nyala, Kenapa ?

Diposting pada

Bagi sahabat laptop yang sedang mencoba melakukan perbaikan sendiri pada laptop yang sedang bermasalah tidak bisa dinyalakan padahal setelah di cek di bagian motherboard tegangan 19V muncul, demikian juga 3V dan 5V juga muncul, disini kita berikan beberapa penyebab yang mungkin menjadi sumber masalah.

3 level tegangan tersebut diatas memang menjadi sumber utama tegangan kerja beberapa komponen power utama. Bahkan pada model motherboard tertentu masih ada level tegangan lain yang harus ada, misalnya tegangan 15V pada motherboard laptop Aspire One. Namun kadang laptop tidak butuh 5V sebelum dinyalakan, misalnya pada motherboard Laptop Apple Macbook Air.

Maka ketika tegangan tersebut sudah muncul dan dalam kondisi baik, namun laptop tetap belum bisa dinyalakan, ada beberapa kemungkinan diantaranya :

Baca juga :   Laptop Tidak Bisa Nyala Setelah Dibersihkan, Q&A
  1. Switch ON/OFF rusak. tentu tidak bisa dinyalakan jika tombol ON pada laptop rusak. Kerusakan bisa di deteksi menggunakan multitester. Cek apakah masih bisa terhubung antar kaki-kakinya jika tombol ditekan. Pengecekan juga bisa dilakukan dengan charger di tancapkan. apakah tegangan pada kaki tombol bisa hilang saat tombol di tekan.
  2. Jalur dari switch ON/OFF terputus dengan chipset SB ( south bridge ). Untuk mendeteksi kerusakan ini tentu lebih mudah dilakukan dengan menggunakan bantuan skema ( schematic ) agar penelusuran benar-benar terarah. Cek apakah tombol ON terhubung dengan kaki yang ada di SB. Karena switch ( tombol ) ON terhubung ke SB pada kondisi normal. Pengecekan juga bisa dilakukan dengan charger terpasang. Cek apakah ada tegangan pada kaki tombol ON/OFF muncul, kemudian tekan tombol dan cek tegangan di kaki SB apakah hilang juga atau tidak terpengaruh.
  3. Ada masalah pada chipset SB. Saat tombol power ditekan dan signalnya diterima oleh SB, maka SB menghasilkan signal yang akan di manfaatkan untuk menyalakan laptop. Signal ini bermacam2 kodenya di skema, namun banyak yang menggunakan kode SUSB#. Jika signal ini tidak muncul bisa jadi chipset memang bermasalah.
  4. Ada komponen yang rusak di blok switch ON. Ini adalah blok yang bekerja menyulut beberapa blok lain sebagai efek dari ditekannya tombol power. Disana tentu ada beberapa transistor kecil dan perangkat pendukungnya, yang bisa didentifikasi dengan bantuan skema motherboard yang bersangkutan.
  5. Jalur VS bermasalah. Ini adalah jalur tegangan yang muncul sejenak setelah tombol power ditekan. Disana ada 5VS 3VS dll. Jika jalur ini bermasalah maka system akan terproteksi sehingga tidak bisa dinyalakan.
Baca juga :   Lampu Charge Nyala Namun Laptop Tidak Bisa di Nyalakan, Kenapa?

Inilah beberapa kemungkinan yang menyebabkan laptop tidak bisa dinyalakan padahal tegangan utama telah muncul.

One thought on “3V/5V Muncul Tapi Tidak Bisa Nyala, Kenapa ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *