Cara Mengetahui Kapasitor Rusak Pada Laptop

Diposting pada

Salah satu komponen yang sering sekali menjadi sumber kerusakan pada motherboard laptop adalah kapasitor, lalu bagaimana cara mengetahui kerusakan pada kapasitor tersebut ?

Ada alat tertentu untuk mengetahui kondisi daripada kapasitor, namun dengan menggunakan multimeter biasa saja kita juga bisa mengetahui kondisinya.

Ada 3 jenis kerusakan pada kapasitor :

  1. Kering
  2. Short circuit atau konslet
  3. Nilai kapasitifnya menurun

Cara identifikasi kapasitor yang kering adalah sebagai berikut :

Baca juga :   2 Penyebab Laptop Matot Yang Sering Terjadi
  • Gunakan multitester analog dan pilih selektor ke Ohm, pilih saja X1 ( tidak wajib ).
  • Letakkan probe merah dan hitam pada masing-masing pin kapasitor sejenak.
  • Kemudian balik posisi probe, maka jarum multitester akan bergerak sedikit kemudian kembali ke posisi awal. Ini menunjukkan kapasitor normal. Kapasitor yang kering tidak bisa menggerakkan jarum.
  • Ulangi langkah diatas secara berulang-ulang untuk memastikan kondisi kapasitor
Baca juga :   Komponen Rawan Rusak Saat Laptop Kehabisan Baterai

Cara identifikasi kapasitor short cirsuit atau konslet adalah dengan meletakkan probe merah dan hitam pada masing-masing pin kapasitor, maka jarum multitester akan bergerak menuju 0 Ohm, menandakan antara pin-pinnya terhubung singkat. Kondisi tetap demikian walaupun probe merah dan hitam di balik posisinya.

Cara identifikasi kapasitor yang berkurang nilai kapasitifnya adalah menggunakan alat khusus untuk tes kapasitor. Ini tentu di lakukan pada kapasitor yang memiliki penanda nilai kapasitif pada body nya. Jika hasil pada kapasitor meter menunjukkan tidak sama dengan tulisan di body kapasitor maka bisa dipastikan nilai kapasitifnya ( farad ) telah berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *