Charger Laptop Berbunyi, Amankah ?

Diposting pada

Ada saja masalah yang muncul pada Laptop, selain laptopnya sendiri masalah juga bisa muncul pada chargernya. Salah satunya adalah charger berbunyi saat di colokkan ke laptop, amankah kondisi ini? Simah bahasan berikut.

Sebagai mana kita telah ketahui bahwa fungsi charger itu selain menjadi sumber power alternatif laptop selain baterai, juga bekerja untuk mengisi baterainya itu sendiri. Maka ada 2 hal yang menjadi tanggungjawab charger yaitu memberi supply tegangan pada laptop dan mengisi baterai.

Dengan mengetahui 2 hal tersebut diatas maka kita bisa mengetahui kira-kira jika bermasalah di bagian yang mana yang menyebabkannya.

Secara umum, munculnya suara pada charger saat dicolokkan ke laptop adalah karena adanya over current, atau adanya arus berlebih. Arus yang mengalir dari charger ke laptop terlalu tinggi melebihi standart chargernya. Ini bisa disebabkan adanya masalah pada laptop, bisa juga disebabkan adanya masalah pada charger.

Baca juga :   Memperbaiki Laptop Axioo Tidak Bisa Charging

Masalah pada laptop misalnya, karena adanya komponen yang melemah atau bahkan rusak yang menyebabkan laptop menyerap lebih banyak arus dari charger.

Masalah pada charger misalnya, karena melemahnya kekuatan charger sehingga walaupun bebannya sama seperti pada kondisi standart namun charger sudah sempoyongan, ini disebabkan karena ada komponen tertentu yang sudah tidak bisa bekerja dengan normal. Komponen tersebut salah satunya adalah Elco. Elco yang bekerja sebagai penghalus tegangan sebelum tegangan dihubungkan ke beban. Elco ini jika rusak selain tidak bisa dengan normal menghaluskan tegangan juga bisa menjadi beban daripada charger.

Baca juga :   Laptop Restart Terus, Masuk Save Mode Normal

Solusi nya bagaimana ?

Jika memungkinkan maka perlu untuk di lakukan pengetesan menggunakan charger lain yang normal. Dengan cara ini kita bisa mengetahui kondisi charger kita. Jika menggunakan charger lain ternyata bunyinya hilang maka solusinya kita belikan charger baru, selesai. Namun jika dengan charger lain tetap muncul suara, maka berarti masalah ada pada laptop.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada laptop di bagian motherboard. Untuk proses ini tentu membutuhkan skill khusus yang hanya bisa dilakukan oleh teknisi laptop.

Baca juga :   Service Laptop Layar Hitam Gelap

Pengecekan pada motherboard bisa di fokuskan pada blok Separator yang bekerja sebagai controller pengatur sumber power yang menentukan darimana supply tegangan yang di distribusikan ke seluruh motherboard, dari baterai atau dari charger. Pada blok ini nantinya bisa ditemukan munculnya ke tidak normalan yang finalnya akan ditemukan juga komponen yang sudah tidak lagi normal untuk di lakukan penggantian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *