Charger Laptop Tidak Berfungsi, Kabel Dalm Kondisi Bagus

Diposting pada

Kerusakan pada charger laptop memang sering sekali hanya disebabkan karena putusnya kabel baik yang menuju ke sumber listrik maupun yang menuju ke laptop, namun ini tidak selalu menjadi sumber masalahnya. Kali ini kita akan membahas kemungkinan-kemungkinan sumber masalahnya yang ada di bagian dalam charger.

  1. Fuse putus. Atau dikenal juga dengan sekring. Fuse bisa berada di bagian input charger yang berarti memisahkan antara sumber listrik dan charger atau di bagian output yang memisahkan antara tegangan output charger dengan kabel yang menuju ke laptop. Atau pada charger tertentu terdapat di dua bagian tersebut sekaligus.
  2. Elco Rusak. Terdapat sebuah elco besar pada hampir semua jenis charger laptop merk apapun. Komponen kapasitor polar ini kerusakannya bisa kering atau bahkan short circuit atau antara kedua pinnya konslet yang menyebabkan charger tidak bisa bekerja dengan baik. Elco yang short juga bisa menyebabkan fuse di bagian input charger putus.
  3. Deoda rusak. Selalu ada komponen deoda pada charger. Deoda di bagian input sering juga rusak. Kerusakan yang sering terjadi adalah short circuit, konslet diantara kaki-kakinya. Ini juga bisa menjadi imbas dari shortnya Elco yang juga bisa berakibat terputusnya fuse di bagian input charger.
Baca juga :   Kode Error Laptop Dell Inspiron 14

Inilah 3 komponen yang sering rusak di bagian dalam charger laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *