Efek Covid-19, Ribuan Laptop Terancam Error

Diposting pada

Musibah pandemi corona atau dikenal dengan covid-19 yang isunya menimpa hampir ke seluruh dunia telah menyebabkan ribuan Laptop terancam error bahkan bisa saja ke tingkat yang mengkawatirkan dan membutuhkan biaya tinggi untuk memperbaikinya.

Hal ini terjadi di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia. Di negara yang pada kondisi normal masyarakatnya telah terbiasa menggunakan laptop di semua aktifitas baik di perkantoran maupun di dunia bisnis dan pendidikan. Akibat adanya wabah yang menimpa sejak beberapa bulan lalu maka banyak sekali aktifitas pendidikan yang dihentikan secara tidak langsung, padahal bidang ini paling banyak membutuhkan keberadaan laptop. Akibatnya banyak laptop yang tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Berdasarkan pengalaman Teknisi Professional, Laptop yang tidak digunakan dalam waktu kurang lebih 30 hari pada suhu normal 25 oC akan terancam beberapa masalah diantaranya :

Baca juga :   Laptop kena air gimana?
  1. Beberapa tombol pada keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik. Bahkan pada kondisi tertentu bisa banyak sekali yang tidak berfungsi.
  2. Tombol Keyboard banyak yang mencet sendiri, kadang-kadang nyantol sehingga menyebabkan laptop sulit dikendalikan.
  3. Touchpad bermasalah
  4. Gagal masuk Windows karena Hardisk bermasalah
  5. Jika laptop kehabisan baterai bahkan ini bisa menyebabkan masalah serius pada motherboard yang membutuhkan biaya besar untuk perbaikannya.
  6. Jangan kaget jika tiba-tiba baterai tidak lagi bisa di ces. Laptop langsung mati saat charger dilepas
Baca juga :   Video Service Laptop Acer One 14 Tidak bisa Dinyalakan

Efek ini akan jauh lebih ekstrim lagi jika laptop disimpan di tempat yang suhunya lebih rendah dari 25 oC. Suhu yang lembab bisa memunculkan jamur pada komponen vital di motherboard, efeknya motherboard kaget saat laptop dinyalakan.

Untuk menghindari munculnya masalah-masalah diatas ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat laptop tidak digunakan untuk mengurangi resiko masalah serius.

Baca juga :   Laptop Layar Menyala Putih Saja, Kenapa?
  1. Simpan laptop ditempat terbuka
  2. Simpat ditempat yang kering dan tidak lembab
  3. Usahakan disimpan dengan baterai tidak kosong
  4. Pastikan di shutdown hingga benar-benar mati sebelum didiamkan

Walau bagaimanapun tetap menggunakan laptop untuk aktifitas ringan lebih disarankan, karena laptop yang tetap bekerja dengan intensitas normal akan mengurangi munculnya error.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *