Ketika Touchpad Laptop Tidak Berfungsi Normal

Diposting pada

Salah masalah yang terjadi pada touchpad laptop adalah tidak respon ketika kita “tik”, kita petik, namun klik kiri yang analog masih bisa berfungsi, Apa penyebab masalah ini ? Yuk kita bahas secara singkat saja.

Jadi perlu diketahui bahwa touchpad dan keyboard bersama dengan beberapa devices yang lain itu bermuara pada satu chips yang bekerja sebagai readernya, ini adalah chipset IO atau dikenal juga dengan sebutan EC. Maka antara touchpad dan keyboard sangat erat hubungannya.

Kenapa kita membahas keyboard pada analisa kerusakan touchpad ini ? Karena ternyata berdasarkan pengalaman kami, sering sekali terjadi bahwa touchpad yang tidak bisa berfungsi dengan normal disebabkan oleh adanya masalah pada salah satu tombol di keyboard. Ini sering sekali terjadi.

Baca juga :   2 Hal Penting Saat Ganti Keyboard Laptop

Jadi ketika salah satu tombol pada keyboard bermasalah, lengket atau nekan terus, kondensasi sehingga tidak respon ketika di petik, dan masalah-masalah sejenis lainnya, maka ini menyebabkan touchpad tidak bisa di ‘tik’ atau di petik, sehingga memaksa user menggunakan tombol klik kiri yang analog.

Lalu bagaimana solusinya ?

Sebelum memutuskan bahwa masalah benar-benar pada keyboard, jika memungkinkan sebaiknya kita lepas terlebih dahulu keyboardnya kemudian kita mencoba menyalakan laptop tanpa keyboard dan kita lakukan testing apakah tanpa keyboard touchpad bisa bekerja sebagaimana pada kondisi normal. Jika iya maka bisa disimpulkan bahwa keyboard bermasalah.

Baca juga :   Keyboard Rusak Percuma Diperbaiki, Benarkah ?

Langkah selanjutnya adalah kita download keyboard tester untuk mengetahui tombol apa saja yang tidak bisa bekerja dengan normal. Tombol yang lengket terus harus menjadi prioritas kita untuk diperbaiki. Demikian juga tombol yang tidak respon saat dipetik juga menunjukkan ada masalah. Kita bisa melepas knop keyboard kemudian kita pisahkan upper mika dan lower mikanya menggunakan pinset tipis atau peralatan yang lain. Hati-hati karena tindakan terlalu kasar bisa menyebabkan jalur rusak yang menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada keyboard.

Baca juga :   Laptop HP Nge Blank Capslock Blinking Terus Menerus, Ini Penyebabnya

Jika langkah-langkah perbaikan tidak membuahkan hasil maka jangan ragu-ragu untuk mengganti keyboard dengan yang baru, atau keyboardnya kita lepas dan gunakan keyboard USB eksternal agar laptop tetap bisa digunakan untuk bekerja.

Demikian salah satu penyebab touchpad pada laptop tidak bisa berfungsi dengan baik semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *