Laptop Asus Setelah Mati Tidak Bisa Dinyalakan Lagi

Diposting pada

Laptop Asus Setelah Mati Tidak Bisa dinyalakan Lagi
Kali ini kita akn share bahasan tentang kerusakan yang terjadi pada Laptop Asus dengan model motherboard X45u dengan kerusakan setelah di shutdown tidak lagi bisa dinyalakan. Setelah didiamkan dalam waktu agak lama laptop kembali bisa dinyalakan, namun ini tidak selalu bisa.
Setelah kita lakukan pembongkaran kesing dan check pada motherboard, kita menemukan ada kejanggalan pada tegangan 5V dan 3V. Pada saat laptop tidak bisa dinyalakan ternyata tegangan 3V drop, hanya muncul kurang lebih 1,2V. Demikian juga pada tegangan 5V, bahkan hanya 0 koma sekian volt.

Baca juga :   Ketika Service Center Suruh Ganti Motherboard, Gimana nih?

Maka kita pun melakukan check beberapa parameter tegangan pada blok regulator atau PWM 5v/3v. Hasilnya hampir semua pin dalam kondisi baik-baik saja. Entrip keluar, normal, demikian juga tegangan enable juga bekerja dengan baik. semua tegangan LDO muncul sesuai dengan standart IC yang pada motherboard ini menggunakan IC richtek JC=
Pengetesan juga kita lakukan dengan melakukan clearing pada kontroller ini. Hasilnya tegangan keluar dengan normal dan laptop pun bisa dinyalakan. Namun sebagaimana sebelumnya setelah di shutdown tidak lagi bisa dinyalakan, tegangan 3V drop menjadi 1.2V. Curiga dengan kapasitor output PWM ini, maka kita pun mengganti dengan kapasitor SDM 330 uF/6V. Sejenak setelah diganti kembali menyala, namun masalah berulang lagi.

Maka, kitapun mengganti IC controller JC= dengan yang baru. Motherboard pun kembali bekerja dengan normal.

Baca juga :   Langkah Perbaikan Aspire One Tidak Bisa Dinyalakan

Sebetulnya sejak setelah kita cek parameter-paramater tegangan pada IC menunjukkan kondisi normal kita sudah memprediksi bahwa IC sedang bermasalah, namun tentu kita coba dulu dengan melakukan penggantian komponen lain yang lebih mudah didapatkan dan lebih mudah proses pengganitannya yang kemungkinan juga bisa menjadi sumber masalah.
Perlu diketahui bahwa dropnya tegangan 3V atau 5V juga bisa disebabkan karena sudah buruknya kondisi kapasitor polar yang hampir selalu ada pada jalur output dari regualtor ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *