Laptop Macet Saat Booting, Bukan Nectocin nya

Diposting pada

Kapasitor nectocin kerap menjadi biang kerok kerusakan pada motherboard laptop yang menyebabkan laptop sering macet atau stuck saat booting bahkan laptop bisa nge blank atau black screen sejak awal dinyalakan, maka sering sekali teknisi berharap saat membenahi laptop dengan masalah tersebut rusak nectocinnya sehingga gampang di perbaiki. Namun, ternyata di lapangan sering sekali terjadi salah penanganan, di kira beres dengan mengganti kapasitor nectocin ternyata setelah di ganti laptop tetap saja stuck bahkan pada kondisi tertentu laptop macet walaupun belum dipasang hardisk ( tidak ada systemnya ).

Kejadian diatas menunjukkan bahwa memang sumber masalahnya bukan hanya kapasitor yang terpasang di line VCC Core termasuk didalamnya kapasitor nectocin. Memang benar, sering sekali VCC Core menjadi sumber masalah pada laptop macet, namun kita harus ingat bahwa pada blok vcc core terdapat ic controller, mosfet, kapasitor dan coil sebagai komponen utama. Jadi jangan terlalu fokus pada kapasitor saja.

Sebagaimana kita alami pada laptop Samsung RV511 core i3 yang telah kita tangani beberapa waktu lalu. Kerusakannya adalah tidak bisa booting, tidak bisa load OS dan saat dilakukan install ulang macet di tampilan logo Windows, kebetulan kita install windows 7. Kita coba instal windows 10 UEFI pun tidak bisa berhasil.

Baca juga :   Menganalisa Laptop Yang Suka Mati Sendiri

Langkah penanganan ringan seperti clear CMOS, penggantian RAM dan hardisk, melepas devices yang tidak diperlukan dan lain-lain sudha kita lakukan namun belum membuahkan hasil.

Dan ternyata setelah kita lakukan analisa dan troubleshooting kita temukan bahwa mosfet pada blok VCC Core dalam kondisi kurang baik, lemah. Sebetulnya kita agak ragu-ragu dengan kondisinya karena pada saat laptop dinyalakan VCC Core keluar tegangan sekitar 1V, namun pada saat stuck ( macet ) tegangan pada titik ini hanya tinggal sekitar 0,3V. Nah ini yang membuat kita curiga. Maka kitapun mengganti 2 buah mosfet di blok VCC Core yang terhubung ke jalur ground. Dan akhirnya laptop pun bisa kembali normal.

Baca juga :   Service Laptop Layar Hitam Gelap

Perlu diketahui bahwa pada kondisi normal, setelah proses booting berhenti pada saat proses install ulang windows, tegangan pada VCC Core adalah sekitar 0,9V dan tentu saja ini akan naik turun saat proses instalasi dilanjutkan.

Demikian salah satu solusi dari laptop yang macet saat proses booting dan tidak bisa diinstall ulang yang disebabkan oleh adanya masalah pada mosfet yang bekerja sebagai komponen switching di blok VCC Core atau blok yang mensupply tegangan ke Prosesor, semoa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *