Arus Bocor Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis

Diposting pada

Salah satu penyebab baterai laptop cepat habis bahkan rusak adalah adanya kebocoran di jalur power di motherboard yang ada di bagian dalam laptop. Kondisi ini menyebabkan adanya aliran arus dari baterai menuju ke motherboard walaupun laptop dalam kondisi mati ( tidak dinyalakan ).

Tentu saja aliran arus saat laptop mati yang pada kondisi normal bisa dianggap tidak ada itu menyebabkan baterai akan lebih cepat habis.

Kondisi tersebut juga menyebabkan baterai lebih cepat rusak ( drop ) karena terus menerus terbebani saat charger tidak dipasang.

Baca juga :   Gunakan Laptop Tanpa Baterai, Amankah

Penanganan bisa dilakukan dengan mengukur nilai resistansi di jalur Vin atau B+, yaitu jalur dimana tegangan dari sumber power baik baterai maupun charger di distribusikan ke seluruh bagian di motherboard laptop. Jalur ini pada kondisi normal hampir tidak ada nilai resistansinya jika pengecekan dilakukan dengan menempelkan probe merah multi tester ke jalur ground dan probe hitam ke jalur Vin tersebut.

Pada motherboard yang bocor saat probe merah di letakkan di jalur ground dan probe hitam ke Vin muncul nilai resistansi. Pada multitester analog jarum akan bergerak. Ini menandakan adanya kebocoran.

Baca juga :   Kenapa Baterai Laptop Tidak Bisa Diperbaiki ?

Salah satu penyebab kebocoran tersebut ternyata disebabkan oleh adanya masalah pada screen ( LCD ) di jalur tegangan supply ke back light ( lampu penerang layar ). Ini dikarenakan ic controller back light telah lemah atau dalam kondisi tidak normal. Walaupun screen masih bisa bekerja sebagaimana mestinya namun di perkirakan ini akan rusak dalam waktu tidak lama. Untuk memperbaiki masalah ini kita bisa menambahkan dioda kecil pada jalur tersebut. Bisa diletakkan di motherboard laptop maupun di bagian screen.

Baca juga :   Tentang Laptop Charging Namun Tetap 0%

Kebocoran juga bisa disebabkan adanya masalah pada motheboard laptop. Ini memerlukan proses analisa untuk menemukan sumber masalahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *