Charger Laptop Kedip-kedip, Jangan Diganti

Diposting pada

Salah penangan sering sekali terjadi pada proses perbaikan laptop terutama bagi pengguna laptop yang mencoba menangani sendiri tanpa dibekali pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam dunia perbaikan laptop, salah satunya adanya ketika lampu pada charger kedip-kedip.

Sering sekali kondisi tersebut menyebabkan pengguna langsung saja mengganti charger dengan yang baru, tentu saja ini bukanlah solusi yang bisa memperbaiki masalah tersebut.

Perlu diketahui bahwa secara umum jika lampu charger laptop berkedip-kedip ini menunjukkan adanya masalah pada motherboard. Terjadi over current yang menyebabkan tegangan output charger hilang ditandai dengan matinya lampu indikator pada charger. Namun karena ketika tegangan dari charger hilang maka komponen switching utama di motherboard terputus kembali sehingga overcurrent hilang sehingga tegangan output charger muncul lagi ditandai dengan menyalanya lampu indikator pada charger. Setelah itu switching aktif dan muncul lagi over current, demikian seterusnya sehingga kita bisa melihat lampu indikator berkedip-kedip terus menerus.

Baca juga :   Inilah IC Charger Acer Netbook E3 112

Jalur yang short biasanya bukan di tegangan level pertama, karena jika di level pertama lampu indikator charger langsung mati ketika di tancapkan ke laptop.

Perlu pengetahuan elektronika untuk proses perbaikan masalah tersebut. Jika belum memiliki pengetahuan yang cukup maka perlu hati-hati dalam proses perbaikannya dan lakukan pengecekan per komponen dengan patokan data yang bisa di dapatkan di internet.

3 thoughts on “Charger Laptop Kedip-kedip, Jangan Diganti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *