Laptop Digunakan Berhari-hari, Amankah ?

Diposting pada

Karena alasan tertentu bisa saja laptop akan dinyalakan terus menerus dalam jangka waktu lama bahkan bisa berhari-hari, apakah ini aman bagi laptop ?

Pertanyaan ini tentu jawabannya bermacam-macam tergantung dengan kondisi dan penggunaan laptopnya.

Jawaban pertama adalah aman. Dengan syarat laptop dalam kondisi prima dan digunakan sesuai dengan kapasitas laptopnya. Laptop bisa dianggap prima jika :

  1. Tidak ada kendala yang mudah dirasakan. Jika laptop digunakan normal, tidak terasa lemot dan tetap dalam kondisi normal saat digunakan lebih dari 1 jam.
  2. Suhu laptop aman. Ini juga bisa dirasakan pada pemakaian lebih dari 1 jam, jika suhu tetap aman maka laptop bisa dikatakan prima.
  3. Kipas pendingin bekerja dengan baik. Laptop normal adalah jika kipas prosesornya bekerja dalam beberapa waktu dan diam dalam beberapa waktu, tidak bekerja dengan kecepatan penuh sepanjang waktu yang menunjukkan adanya suhu berlebih pada prosesor dan atau VGA.
  4. Angin dari kipas pandingin bisa dirasakan dari luar laptop melalui lubang pembuangan udara panas. Jika tidak bisa dirasakan menandakan bahwa heatsink pada kondisi kotor dan tentu saja udara panas dari dalam tidak bisa dibuang keluar dengan maksimal.
Baca juga :   Axioo Pico DJM Manual Book

Disamping kondisi diatas maka penggunaan laptop juga harus sesuai dengan kapasitasnya. Tentu tidak normal jika laptop standart digunakan untuk main game besar dalam jangka waktu lama. Mungkin pada kondisi tertentu laptop tetap saja bisa digunakan namun dalam jangka waktu yang lama tidak diizinkan.

Jika kondisinya tidak seperti diatas maka laptop tidak aman jika digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan berhari-hari. Jangan lupa juga untuk melepas charger jika baterai sudah penuh atau setidaknya jika digunakan lebih dari satu hari ada jeda untuk melepas charger agar ada proses buang muat pada baterai, ini untuk menghindari adanya kerusakan pada baterai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *