Laptop Tidak Bekerja Saat Charger Dan Baterai Dipasang

Diposting pada

Laptop normal saat menggunakan baterai saja, normal juga saat menggunakan charger saja, giliran keduanya dipasang laptop jadi bermasalah. Ini Dia penyebabnya

Perlu di ketahui bahwa baik sumber tegangan dari charger maupun dari baterai di sebarkan ke seluruh bagian di motherboard laptop di satu jalur distribusi yang sama walaupun tegangan dari kedua sumber power tersebut tidak sama. Maka di dalam motherboard laptop terdapat blok system separator yang bekerja memisahkan kedua sumber tegangan yang nilainya tidak sama tersebut.

Dengan demikian kedua sumber tegangan tersebut tidak mungkin bertemu di dalam jalur distribusi, karena jika bertemu akan jadi masalah.

Baca juga :   Cara Service Toshiba C600 Tidak Bisa Dinyalakan

Maka jika laptop kamu bermasalah jika kedua sumber power tersebut dipasang kemungkinan salah satu penyebabnya adalah karena keduanya bertemu di jalur distribusi.

Lalu apa penyebabnya ?

Keduanya di pisahkan secara langsung oleh sebuah mosfet. Mosfet ini hanya aktif jika laptop menggunakan baterai saja sebagai sumber tegangan. Mosfet yang letaknya hampir selalu di dekat konektor baterai ini salah satu kakinya terhubung langsung dengan konektor baterai di bagian kaki positif yang hampir selalu di pinggir letaknya. Dengan demikian jika mosfet ini rusak, short circuit maka akan menghubungkan bagian positif baterai secara langsung ke jalur distribusi, nah pada saat demikian jika charger di pasang, maka tegangan dari baterai yang hanya sekitar 10V bertemu dengan tegangan charger yang sekitar 19V, muncullah masalah.

Baca juga :   Wifi Laptop Tiba-tiba Hilang

Solusi ?

Ganti mosfet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *