Lima Ribu Rupiah Atasi Laptop Nyala Sendiri

Diposting pada

Tentu akan mengurangi kenyamanan saat menggunakan laptop yang langsung saja nyala sendiri saat charger dimasukkan. Ternyata masalah ini cukup mudah diperbaiki, murah pula biayanya.

Laptop yang nyala sendiri umumnya terjadi pada laptop yang baterainya sudah rusak namun tidak segera diganti, masih saja banyak yang memutuskan untuk tetap menggunakan laptop menggunakan charger saja, toh laptop juga masih berjalan normal. Namun apa jadinya jika saat charger dimasukkan laptop langsung menyala ?

Salah satu penyebab masalah tersebut adalah baterai CMOS yang sudah drop. Dengan tidak adanya baterai CMOS maka laptop langsung menyala saat mendapatkan sumber power dari charger. Indikasi lainnya adalah tanggal dan tahun yang selalu saja kembali ke tahun lawas.

Baca juga :   Deoda Proteksi Pada Motherboard Laptop

Solusinya adalah dengan mengganti baterai CMOS yang harganya hanya sekitar 5 ribu rupiah saja. Untuk laptop tertentu yang menggunakan baterai CMOS khusus kita bisa modifikasi baterai CMOS biasa yang biasa juga digunakan untuk baterai calculator. Yang penting motherboard laptop mendapatkan supply tegangan dari baterai CMOS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *