Upgrade Komputer Perhatikan Hal Berikut

Diposting pada

Tidak bisa asal-asalan saat kita hendak upgrade sebuah komputer atau di indonesia dikenal dengan CPU. Upgrade yang ngawur bisa menyebabkan komputer tidak bisa bekerja dengan normal atau kalaupun bisa akn muncul beberapa error saat membuka beberapa program yang berat.

Upgrade komputer sebaiknya didasarkan pada kebutuhan pengguna komputer. Tentu akan salah kaprah jika kita ingin speed komputer kita naik lalu yang dilakukan upgrade ukuran hardisk. Atau space komputer kita sudah mulai menipis lantaran hardisk kecil, kemudian yang dilakukan upgrade memori RAM. Maka langkah yang dilakukan sebaiknya didasarkan pada kondisi dan kebutuhan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah upgrade adalah sebagai berikut :
1. Perhatikan spesifikasi komputer sebelum di upgrade. Jika spesifikasi sudah tinggi dan komputer masih saja belum bisa menunjukkan performa yang mumpuni, maka langkah upgrade tentu bukan solusi. Perlu dilakukan pegecekan lebih lanjut agar komputer yang ada bisa maksimal.

Baca juga :   Komputer ? Indonesia Lebih Maju Dibanding Jepang

2. Perhatikan spesifikasi blok yang akan kita upgrade. Misalnya kita akan upgrade RAM atau memory. Maka kita harus tahu terlebih dahulu spesifikasi motherboard nya. Berapa RAM maksimal yang diizinkan dan bagaimana spesifikasinya RAM yang support dengan motherboard. Atau jika hendak melakukan upgrade pada prosesor, harus tahu prosesor yang support dengan motherboardnya dan soketnya jenis apa. Demikian juga untuk upgrade blok lain.

Baca juga :   Penanganan Komputer Terkena Banjir

Jika hendak meng upgrade komputer yang speednya kurang sesuai dengan yang kita harapkan, maka salah satu yang bisa kita lakukan untuk menentukan blok apa yang hendak kita upgrade adalah dengan cara berikut :

  1. Buka program atau aplikasi yang biasa kita gunakan yang kita rasakan speed nya terlalu lambat.
  2. Kemudian buka task manager dengan menekan tombol Ctrl Alt Delete, Kemudian pilih Performance. Maka akan muncul tampilan yang menunjukkan kepada kita penggunaan Prosesor dan Ram dan perangkat lain pada Windows tertentu.
  3. Perhatikan perangkat yang prosentase penggunaannya paling tinggi mendekati kapasitas maksimalnya. Maka perangkat tersebut yang perlu untuk kita upgrade. Misalnya prosesor menunjukkan nilai 99% maka ini menunjukkan bahwa prosesor bekerja ekstra saat program anda jalankan. Maka jika prosesor di upgrade prosentase tersebut akan turun dan komputer lebih rilex menjalankan program. Atau Memory menunjukkan angka 1.99 GB padahal komputer kita menggunakan memory RAM 2 GB, maka ini menunjukkan bahwa space RAM kecil sekali, upgrade RAM bisa mengatasi masalah ini.
Baca juga :   Cara Memilih Adaptor Atau Charger Yang Benar Dan Aman

Demikian beberapa hal penting yang perlu kita ketahui saat hendak melakukan upgrade pada komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *